KM Berkas Surya Tenggelam di Laut Belawan, Empat ABK Diselamatkan Prajurit Lantamal I

2969

tobasatu.com, Belawan | Empat Anak Buah Kapal (ABK) KM Berkas Surya yang tenggelam di alur laut Belawan, berhasil diselamatkan TNI Angkatan Laut dari Pangkalan Utama TNI AL-I (Lantamal I), Selasa (10/8/2021).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I) Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono mengatakan keempat nelayan yang berhasil diselamatkan masing-masing Ilham (40 sebagai tekong kapal, Saimin (55) kepala kamar mesin (KKM), keduanya penduduk Jalan Binjai km 12. Dua nelayan lagi masing-masing Ardian Siregar (21) dan Fauzi (24), yang keduanya penduduk Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan.

Kapal jenis kapal ikan sedang berlayar menuju spot penangkapan ikan. Lalu tenggelam di alur laut Ringkai Belawan pada posisi 03°48’107″ U – 098°43’621″ T.

Saat ditemukan kondisi kapal sudah hampir seluruhnya tenggelam. Hanya haluan kapal yang kelihatan. Empat ABK KM Berkas Surya berenang untuk menyelamatkan diri sambil terapung apung di laut. Mereka diselamatkan oleh kapal patroli Sea Rider Unsur Satrol Lantamal I.

“Upaya pertolongan dan pencarian ini merupakan implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan segala potensi yang dimiliki, baik personel maupun alutsista untuk kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR,” ungkap Jenderal berbintang satu ini.

Dikatakannya, pencarian terhadap kapal tenggelam ini bermula dari informasi dari seorang nelayan yang datang menggunakan boat sampan. Lalu menyampaikan kepada personel di pos jaga alur ada kapal nelayan yang tenggelam di alur ringkai Belawan.

Informasi ini juga diperkuat dengan laporan dari personel anggota jaga Pos TNI AL Gabion yang menghubungi kapal patroli Sea Rider jaga via telpon.

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut, kapal patroli Sea Rider unsur Satuan Patroli Lantamal I yang stand bye jaga alur pada posisi 03°48’476″ U – 098°43’429″ T /Alur Belawan meluncur ke lokasi kejadian.

Kemudian kapal patroli Sea Rider menyisir sekitar lokasi untuk mencari ABK nelayan dan menemukan 2 orang yang sedang berenang untuk menyelamatkan diri. Selanjutnya personel dari Patroli Sea Rider memberi pertolongan dengan mendekati nelayan tersebut untuk dievakuasi ke kapal patroli Sea Rider.

Kemudian dilanjutkan penyisiran kembali di sekitar lokasi. Karena informasi yang diberikan oleh nelayan ABK KM Berkas Surya bahwasannya mereka ada 4 orang di kapal tersebut.

Namun tidak berapa lama 2 orang yang kelihatan sedang mengapung-apung di laut diselamatkan personel TNI AL dan dievakuasi ke kapal patroli Sea Rider. Kempat nelayan ABK KM Berkas Surya dibawa ke Pos TNI AL Gabion Belawan untuk didata.

Sementara pemilik kapal KM Berkas Surya atas nama Fitra datang ke Pos TNI AL Gabion untuk menjemput keempat orang ABK yang telah diselamatkan oleh kapal patroli Sea Rider unsur Satuan Patroli Lantamal I. (ts14)

Loading...
loading...