Dukung Pemulihan Ekonomi, BI Sumut Gelar Event KKSU Secara Virtual

286
Bank Indonesia wilayah Sumatera Utara menggelar event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU), dimana tahun 2021 ini KKSU mengusung tema Bersinergi Membangun Negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh.

tobasatu.com, Medan | Dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi khususnya wilayah Sumatera Utara, melalui sinergi berbagai pihak dengan mendorong kemajuan UMKM. Maka Bank Indonesia wilayah Sumatera Utara menggelar event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) tahun ini yang mengusung tema Bersinergi Membangun Negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo mengatakan bahwa tema ini dipilih sebagai upaya untuk terus mengakselerasi pemulihan ekonomi khususnya di wilayah Sumatera Utara dengan mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi covid-19, baik pelaku usaha konvensional maupun pelaku usaha syariah dan upaya adaptasi pelaku usaha menuju kehidupan normal baru, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital.

“Event KKSU yang kita selenggarakan pada tahun ini merupakan kali kedua setelah yang pertama pada tahun 2020. Kegiatan akan dilaksanakan secara virtual selama 4 hari terhitung sejak kemaren hari Kamis, tanggal 16 September 2021 sampai dengan hari Minggu, 19 September 2021, dengan 2 agenda utama, yaitu Forum KKSU dan KKSU Fair,” katanya, Jumat (17/9/2021).

Dikatakannya, bahwa tujuan menyelenggarakan KKSU 2021 ini adalah untuk meningkatkan edukasi, literasi, awareness, dan sinergi dalam mendukung program pengembangan UMKM, serta sebagai ajang promosi produk, mendorong digitalisasi UMKM, perluasan akses pasar dan akses pembiayaan UMKM menuju pemulihan ekonomi secara berkelanjutan.

“Selain itu, sebagai wujud tindak lanjut dari kolaborasi dan sinergi dengan Kemenparekraf dalam mendorong akses pasar, UMKM yang  berpartisipasi pada KKSU 2021 akan dilakukan proses kurasi lebih lanjut untuk diikutsertakan pada showcasing produk di Sopo Del Tower Jakarta dan berpartisipasi pada Festival Kreatif Lokal 2021 Kemenparekraf di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas,”ujarnya.

BACA JUGA  Ini Langkah yang Dilakukan BI untuk Dorong Pemulihan Ekonomi

Dalam memanfaatkan momentum tersebut, pihaknya bersama stakeholder terkait terus berupaya mengakselerasi kebangkitan UMKM guna memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital, mendorong transformasi UMKM di bidang digitalisasi baik dari sisi produksi, pemasaran, pembiayaan, maupun pembayaran. Selain itu, pengembangan UMKM juga diarahkan pada integrasi platform digital dengan interaksi merchant-platformconsumer.

“Kami berharap penyelenggaraan KKSU 2021 pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara ke arah yang lebih baik. Momentum pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara didorong oleh berbagai sumber pertumbuhan ekonomi terutama ekspor, konsumsi, belanja pemerintah dan investasi serta dari berbagai lapangan usaha,” pungkasnya. (ts-20)

Loading...
loading...