Sempat Ditahan di Malaysia, 10 Nelayan asal Pantai Labu Dipulangkan Melalui Pelabuhan Belawan

627
Dua Sampan Nelayan Membawa sepuluh Nelayan tiba di Pelabuhan Belawan.(foto : tobasatu.com/lee).

tobasatu.com, Belawan I 10 nelayan pukat pancing asal Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang setelah ditahan lebih kurang 10 hari di Malaysia, dipulangkan kembali ke Indonesia melalui Pelabuhan Belawan, yang tiba di pelabuhan Belawan, Kamis (21/10/2021) siang.

Ke 10 nelayan tersebut pulang ke Belawan menggunakan dua sampan yang digandeng kapal patroli Hiu 01 dari Kapal Pengawas Pengawas Sumberdaya Kelautan  dan  Perikanan (PSDKP) Belawan.

Juma (25) salah seorang Tekong dari salah satu sampan tersebut mengatakan, dua sampan mereka ditangkap petugas Kapal Patroli Agensi Penguat Maritim Malaysia (APMM) saat sedang berlayar cuaca buruk yang diduga mereka sudah masuk di wilayah perairan Malaysia.

Masih menurut Juma, setelah sembilan hari ditahan di Malaysia kemudian baru dilepas kemudian dikembalikan melalui Pelabuhan Belawan, setelah adanya bantuan dari ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut.

Sementara itu Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahri mengatakan, begitu menerima informasi adanya sepuluh nelayan Indonesia asal Pantai Labu Deli Serdang ditangkap yang diduga melewati wilayah perairan Malaysia, HNSI Sumut menghubungi pengurus HNSI Deli Serdang meminta data-data nelayan yang ditangkap dan setelah data didapat HNSI Sumut menghubungi aparat terkait di Indonesia guna melakukan negosiasi kepada Pemerintah Malaysia dan setelah dilakukan kesepakatan akhirnya kesepuluh nelayan tersebut dilepas dan dikembalikan ke Indonesia.

Setiba di Pelabuhan Belawan, kesepuluh nelayan tersebut dibawa ke kantor PSDKP Belawan kemudian diserahkan kepada keluarga masing-masing dan seterusnya mereka kembali ke Pantai Labu Deli Serdang.(ts – 14).

Loading...
loading...