Covid-19 Melandai, Pemko Medan Tetap Fungsikan Dua Tempat Isoter

572
Tempat Isolasi Terpadu (Isoter) Hotel Novotel Soechi.

tobasatu.com, Medan | Kasus Covid-19 di Kota Medan menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan.

Hal ini ditandai dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah turun ke level 2.

Meski demikian, Wali Kota Medan Bobby Nasution tetap berjaga-jaga dengan menginstruksikan agar dua tempat isloasi terpusat (Isoter) tetap difungsikan yakni Isoter di Hotel Novotel Soechi di Jalan Pandu dan Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Jalan Setia Budi, Kelurahan Helvetia Timur.

Bobby Nasution juga memberikan tugas kepada seluruh Camat di Kota Medan agar proaktif membawa warganya yang positif Covid-19 ke tempat isoter.

Arahan Wali Kota Medan ini direspon dengan cepat oleh para Camat, diantaranya Camat Medan Kota, Tengku Chairuniza yang mengatakan arahan yang disampaikan oleh Wali Kota Medan tersebut langsung disampaikan secara berjenjang kepada seluruh jajaran yang ada di Kecamatan Medan Kota mulai dari Lurah hingga ke Kepala Lingkungan untuk menghimbau sekaligus mengajak warganya yang terkonfirmasi positif covid-19 agar mau dibawa ke tempat isolasi terpusat (isoter) yang di miliki Pemko Medan.

“Meskipun kadang masih ada warga yang lebih memilih untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah, namun tetap kami berikan pengertian dan himbauan secara humanis agar warga tersebut mau melakukan isolasi di tempat isoter,” kata Chairuniza.

Apabila warga tersebut berkenan untuk dibawa ke tempat isoter, maka pihak Kecamatan Medan Kota telah berkoordinasi dengan petugas Puskesmas yang ada untuk langsung membawa warga tersebut ke tempat isoter guna menjalani isolasi.

“Kita pasti siap membawa warga yang ingin melakukan isolasi ke tempat isoter, karena kita juga telah berkoordinasi dengan Puskesmas yang memiliki prasana untuk membawa warga positif tersebut ke isoter dengan menggunakan ambulan yang dimiliki Puskesmas,” sebutnya.

BACA JUGA  Sumut Optimalkan Pemanfaatan Isoter untuk Penanganan Covid-19

Kesiapan yang sama juga disampaikan oleh Plt Camat Medan Selayang, Viza Fandhana, dimana dirinya menyebutkan Kecamatan Medan Selayang berkolaborasi dengan Puskesmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan langsung membawa setiap warga yang positif covid-19 ke tempat isoter yang ada.

Viza menyebutkan dari data yang dimiliki mulai dari tanggal 28 Agustus hingga 8 Oktober 2021 sudah ada 46 warga Kecamatan Medan Selayang yang dibawa ke tempat isoter.

“Sudah ada 46 warga yang kita bawa ke tempat isoter, 45 orang kita bawa ke gedung P4TK dan ada 1 orang ke Asrama Haji,” ujar Viza.

Sama halnya seperti di Medan Kota, Viza juga mengakui kadangkala masih ada warga yang tidak bersedia untuk dibawa ke tempat isoter dan lebih memilih menjalani isolasi mandiri dirumah. Namun dengan himbauan secara persuasif, warga yang positif tersebut akhirnya mau dibawa ke tempat isoter.

“Ada saja beberapa warga yang tidak mau dibawa tetapi tetap kita himbau secara persuasif akhirnya mereka mau. Jadi begitu kita mendapat laporan langsung kita cek ke lokasi dan langsung kita antarkan ke isoter,” ujarnya.

Data Kasus Covid-19

Berdasarkan data yang tobasatu.com kutip dari situs covid19.go.id, terdapat 4.240.019 kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia atau naik 623 kasus, 14.360 kasus aktif, 4.082.454 kasus sembuh (96,3%). (ts-02)