Digelar Hingga 28 Oktober, Donor Darah PSP Berderma ke 2 Target 1.000 Kantong Darah

336

tobasatu.com, Medan | Masyarakat antusias kegiatan Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) ke 2 di Kelurahan Bantan Timur Kecamatan Medan Tembung, Jumat (22/10/2021) kemarin.

Koordinator Wilayah PSP Berderma ke 2, dr. Indri Mahrani, M Ked (PA) Sp PA, mengatakan karena besarnya jumlah pendonor, maka PSP Berderma ke 2 kali ini diadakan langsung di tempat tinggal para pendonor. “Untuk Kelurahan Bantan Timur ini, donor kita laksanakan di Aula Kelurahan Bantan Timur. Sehingga memudahkan pelaksanaan donor darah,” kata Indri.

Disampaikannya, PSP Berderma 2 ini dilaksanakan setelah melihat antusias masyarakat. “Masyarakat semakin sadar akan pentingnya mendonorkan darah untuk kesehatan. Sehingga donor darah pertama lumayan banyak menjaring para pendonor,” jelas Indri Mahrani didampingi Sekretaris Korwil PSP Berderma Sumut, Affandi ST MT, Elviana SH, Mitha Triana, SH, Linny Syafirti, SH, Erik Siburian, Syapala SE, Sulafm ST, Robby Hartono ST, Boy Sandri, Juliyono SH dan unsur kepanitiaan lainnya.

Selain di Kelurahan Bantan Timur, permintaan masyarakat agar PSP Berderma ke 2 menggelar donor darah di kelurahannya juga datang dari di Kelurahan Sidorejo Hilir, Kec Medan Tembung.

Pada donor darah yang berlangsung, Selasa (26/10/2021), sebanyak 76 masyarakat Kelurahan Sidorejo Hilir mendonorkan darahnya.

“Antusiasme masyarakat untuk mendonorkan darah cukup tinggi. Kami dari PSP Berderma 2 Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi masyarakat yang mendonorkan darahnya. Keikhlasan masyarakat adalah kabar baik dan harapan bagi para pasien yang membutuhkan darah,” ujar Indri Mahrani di sela sela acara.

Lurah Kelurahan Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung Yurian Fahmy Lubis menyampaikan apresiasi pada PSP Berderma ke 2 dan UTD PMI Deliserdang yang mengadakan donor darah di kelurahan yang dipimpinnya.

“Semoga kegiatan seperti ini agar rutin dilakukan sebab sangat membantu masyarakat yang membutuhkan akan darah,” kata Yurian Fahmy didampingi Ketua TP PKK Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung Ny. Nuraidah Yurian Fahmy Lubis.

BACA JUGA  Jadikan Donor Darah Sebagai Gaya Hidup

Sementara itu, Ketua Garda Pemuda NasDem Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara, Defri Noval Pasaribu, SE dalam rilisnya menyatakan semoga kegiatan yang dilakukan dapat membantu kesembuhan pasien Covid 19 dan memenuhi kebutuhan akan darah di Sumatera Utara.

Dikatakan oleh Defri Noval Pasaribu, kegiatan PSP Berderma ini sudah dilaksanakan sejak awal Oktober sampai puncaknya di 28 Oktober 2021 nanti.

“Kegiatan PSP Berderma dimaksudkan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun ini. Dan telah dilaksanakan di seluruh Sumatera Utara sejak awal Oktober lalu,” kata Defri.

Dengan rentang waktu kegiatan yang lumayan panjang, PSP Berderma 2 sampai 28 Oktober nanti menargetkan 1000 kantong darah. “Dari PSP Berderma 2 yang dilaksanakan Garda Pemuda NasDem Sumut saja ditarget mendapat 500 kantong darah. Dan sisanya dari DPD Garda Pemuda NasDem Kabupaten / Kota se Sumatera Utara. Semoga bisa memenuhi target,” harap Defri.

Melihat antusias dan jumlah pendonor yang makin meningkat, ke depan Garda Pemuda NasDem Sumut, akan semakin sering melakukan kegiatan serupa.

“Kegiatan serupa akan rutin kita laksanakan setelah melihat antusiasme dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah bagi kesehatan dan plasma konvalesen salah satu, jurus ampuh mengalahkan Covid 19,” tutup Defri Noval Pasaribu. (ts04)

Loading...
loading...