Uni Lubis Terpilih Aklamasi Pimpin FJPI Periode 2021-2024

434
Ketua Umum FJPI Uni Lubis.

tobasatu.com, Jakarta | Kongres ke II Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) secara aklamasi memilih Uni Zulfiani Lubis untuk kembali menjadi ketua, periode 2021-2024, Sabtu (5/1/2022) yang digelar secara hybrid dan daring melalu platform zoom meeting.

Bersama Uni Lubis yang merupakan Pimred IDN Times, terpilih Khairiah Lubis (DAAI TV) sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Pemilihan diikuti 11 perwakilan cabang FJPI se-Indonesia diantaranya FJPI Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Dalam waktu dekat, FJPI juga akan mengadakan kerjasama dengan beberapa pihak, untuk lebih memperkuat FJPI secara internal dan eksternal. “InsyaAllah, amanah ini akan kami emban, untuk tetap memperkuat FJPI ke depannya”, ujar Uni.

FJPI, menurut Uni Lubis, lebih berorientasi pada peningkatan kualitas jurnalis perempuan. “Kita mendukung Good Jurnalism, dengan belajar, meningkatkan dan menerapkan Good Jurnalism. Bukan hanya dengan mengkampanyekan Good Jurnalism. Karena tidak semua pihak berpandangan sama”, katanya.

Ke depan, FJPI akan mengadakan kompetisi untuk kualitas jurnalis perempuan yang tergabung di FPJI, agar semua anggota FJPI lebih bersemangat untuk meningkatkan kualitasnya masing-masing, baik secara personal, maupun secara team work.

Kongres diawali dengan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan Ketua FJPI Uni Lubis. Dimana dalam laporannya Uni Lubis menyampaikan targetnya tiga tahun ke depan untuk melakukan ekspansi kepengurusan FJPI di 20 cabang se-Indonesia.

Menurut Uni Lubis, selama tiga tahun kepemimpinannya, FJPI yang semula berdiri di 8 cabang, kini sudah bertambah menjadi 11 cabang.

Mantan anggota Dewan Per situ juga menyampaikan permohonan maafnya, karena banyak program yang telah dicanangkan urung terlaksana akibat terdampak pandemi.

“Secara pribadi saya mohon maaf karena masih banyak kekurangan, karena banyak program yang ingin laksanakan namun belum terpenuhi karena terhalang pandemi,” sebut Uni Lubis.

BACA JUGA  Pengurus PWI Sergai Periode 2022-2025 Dilantik

Sesaat setelah terpilih Uni Lubis menyatakan bahwa tanpa menjadi ketua pun, komitmennya untuk selalu mensuport FJPI tidak perlu diragukan. Hal ini terlihat dari awal berdirinya FJPI yang diinisiasi sejumlah jurnalis perempuan di Sumut, dirinya pun selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan FJPI.

Tiga tahun kedepan masa kepemimpinannya, menurut Uni Lubi juga sekaligus akan menjadi masa untuk melakukan kaderisasi bagi jurnalis perempuan lainnya, untuk duduk di kepengurusan berikutnya.

Selanjutnya, setelah Kongres, dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022, FJPI bekerjasama dengan Dewan Pers, menggelar webinar dengan tema “Tantangan Jurnalis Perempuan di Era Digital”, dengan menghadirkan pembicara: Rosianna Silalahi, Pemimpin Redaksi Kompas TV: Menjadi Jurnalis Perempuan di Era Digital. Agus Sudibyo, Anggota Dewan Pers: Peran Dewan Pers dalam Industri Media di Era Digital.

Dan tak kalah menarik, FJPI juga menghadirkan Oky Dwiputra, Industry Partnership Manager Tiktok Indonesia: Pemanfaatan Tiktok untuk Kreativitas Media Jurnalis Perempuan. (ts-02)