Hingga Memasuki Akhir April 2022, BI Sumut Edarkan Rp3,27 bT ke Masyarakat

130
Kepala KPw BI Sumut, Doddy Zulverdi saat Bincang Bareng Media di kantornya, Jalan Balaikota Medan, Selasa (26/4/2022).

tobasatu.com, Medan | Memasuki minggu ketiga April 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) telah mengedarkan sekitar Rp3,27 triliun kepada masyarakat dan akan terus bertambah hingga menjelang Hari Raya Idulfitri. 

“Secara mingguan, kebutuhan uang masyarakat cenderung meningkat menjelang Idulfitri. Layanan penukaran uang Rupiah bagi masyarakat pun tetap dibuka, baik melalui kas keliling BI maupun melalui perbankan. Guna menghindarkan masyarakat dari risiko uang palsu dan kerugian lainnya, kami mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang Rupiah di lokasi penukaran resmi yang telah disediakan oleh BI dan perbankan,” tegas Kepala KPw BI Sumut, Doddy Zulverdi saat Bincang Bareng Media di kantornya, Jalan Balaikota Medan, Selasa (26/4/2022).

Ia menyebut, dalam rangka memastikan ketersediaan infrastruktur layanan transaksi keuangan bagi perbankan dan masyarakat tetap berjalan dengan lancar selama periode libur Idulfitri dan cuti bersama, pihaknya melakukan penyesuaian kegiatan operasional. 

“Sebagian layanan operasional seperti BI-RTGS, BI-SSSS, BI-ETP dan SKNBI tidak beroperasi, sementara untuk layanan penyelenggaraan sistem BI-FAST tetap akan beroperasi sesuai jadwal yang berlaku (beroperasi 24 jam 7 hari) guna memenuhi kebutuhan transfer dana masyarakat. Penyesuaian tersebut berlaku pada tanggal 29 April dan 2-6 Mei 2022, dan akan kembali normal mulai tanggal 9 Mei 2022,” pungkasnya.

Untuk pelaksanaan kegiatan operasional perbankan, imbuhnya, akan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank. Namun demikian, BI mengimbau perbankan untuk dapat maksimal memenuhi kebutuhan masyarakat akan likuiditas dan kelancaran transaksi selama libur Idulfitri.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat tetap berbelanja dengan bijak, sesuai kebutuhan dan lebih memilih menggunakan pembayaran nontunai. Sementara, sebagai antisipasi kenaikan harga pada masa HBKN, TPID Provinsi Sumut dan Kabupaten/Kota telah melaksanakan monitoring harga dan sidak pasar selama Ramadan hingga menjelang Idulfitri,” katanya. (ts-20)

BACA JUGA  Dikukuhkan Menjadi Kepala Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi Diminta Beri Kontribusi Terbaik
Loading...
loading...