Pemko Binjai Gerak Cepat Antisipasi Penyakit Hepatitis Akut Misterius

117
Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai Sugianto.

tobasatu.com, Binjai |  Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, Sumatera Utara, telah mengambil langkah untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Hepatitis Akut Misterius di Kota Binjai.

Kepala Dinas Kesehatan Sugianto mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Binjai, H Amir Hamzah, Sekretaris Daerah (Sekda) Irwansyah Nasution serta lintas sektoral mulai dari Kepala Lingkungan (Kepling), Lurah dan Camat.

“Kita sudah memberikan pencerahan dan juga telah berkoordinasi dengan lintas program, mulai dari Puskesmas Pembantu, Puskesmas hingga Rumah Sakit,” kata Sugianto usai rapat di Aula Pemko Binjai, Kamis 12 Mei 2022.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi tersebut menambahkan, sejauh ini mereka belum menemukan adanya warga yang menderita penyakit yang tergolong Kejadian Luar Biasa (KLB) tersebut.

“Akan tetapi Pemko Binjai dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit telah siap siaga untuk mengadakan tempat isolasi dan laboratorium,” ungkapnya.

Sugianto membeberkan, bahwa wabah Hepatitis akut misterius lebih dominan menyerang anak berusia 0 hingga 16 tahun.

Pemko Binjai menghimbau agar orang tua perlu melakukan pengawasan lebih ekstra kepada anak-anak.

“Mengimbau kepada orangtua agar selalu memastikan protokol kesehatan kepada anaknya,” katanya.

Sugianto menyarankan jika anak demam, maka harus beristirahat di rumah sampai kondisinya fit kembali. Beri obat khusus anak atau datangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat pertolongan yang jauh lebih baik.

“Demam pada anak jangan dianggap hal biasa. Jika tidak ditangani dengan baik, bisa membahayakan dirinya pun orang lain di sekitarnya,” serunya.

Dia menyampaikan agar orang tua lebih menjaga kebersihan terhadap anak dan memperhatikan makanan sang anak untuk mencegah Hepatitis akut misterius seperti minum air bersih matang, makan makanan yang bersih dan matang penuh.

BACA JUGA  Heboh Penyakit Hepatitis Akut Misterius, Ketua DPRD Sumut Ingatkan Dinkes Jangan Lengah

Menggunakan alat makan sendiri-sendiri. Memakai masker dan menjaga jarak dan mendeteksi secara dini jika menemukan anak-anak dengan gejala-gejala hepatitis dengan memeriksakan mereka ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. (ts-25)

Loading...
loading...