Ciptakan Wadah Baru, Jurus Kapolres Sergai Reduksi Perilaku Negatif Masyarakat

284
Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) AKBP Dr. Ali Machfud, S.I.K., M.I.K.

tobasatu.com, Sergai | Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) AKBP Dr. Ali Machfud, S.I.K., M.I.K ciptakan wadah baru bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan berolahraga, menikmati jajanan, wisata edukasi bersama keluarga, atau sekedar berkeliling mencairkan suasana menjadi positif. 

Seperti namanya, kegiatan edukasi bukan hanya sebagai ajang liburan atau refresing dari kegiatan belajar secara formal, akan tetapi juga sebagai celah atau kesempatan untuk memperoleh ilmu, pengalaman yang lebih banyak dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. 

“Saya membuat tempat ini dengan tujuan untuk mereduksi prilaku negatif di masyarakat,” ungkap Kapolres Sergai kepada awak media, Jumat (9/9/2022) di halaman belakang Polres Serdang Bedagai di Sei Rampah. 

Ali juga memaparkan bahwa hal yang dilakukannya itu juga merupakan perwujudan dari keinginannya, “Pembangunan ini ada cita-citanya, kedepannya, usai pembangunan, jalur yang tepat berada di antara Polres dengan kantor DPRD, pada hari minggu akan diselenggarakan Car Free Day,” sebut pria yang bergelar Doktor Ilmu Kepolisian itu. 

Dirinya menambahkan, bahwa nantinya setelah terselesaikan jalan itu, fasilitas masyarakat akan bertambah, tempat untuk berolahraga, bersepeda, tempat untuk anak-anak bermain, berwisata edukasi, serta menikmati jajanan. 

“Kita membuka kesadaran masyarakat, dengan membangun hebitus. Jika masyarakat kita memiliki hebitus ke arah yang positif, maka yang negatif akan dikesampingkan,” tambahnya sembari menunjukkan jalan yang sedang dalam proses pengerjaan. 

Dalam membangun hebitus masyarakat, lanjut Kapolres Sergai, Kita coba dengan memfasilitasi masyarakat. Dirinya mencontohkan, bahwa jika generasi muda diberikan fasilitas yang positif, maka kegiatan yang negatif akan ditinggalkan. 

Menyinggung tentang perilaku negatif di masyarakat, Kapolres Sergai juga mengajak seluruh orang tua, juga dapat berperan aktif menjaga generasi penerus bangsa dengan memberikan edukasi atau pengarahan kedalam kegiatan yang sifatnya positif. 

“Bagi yang sudah terlanjur terkena akan dilakukan harm reduction. Bagi yang belum terkena maka dilakukan tindakan preventif atau pencegahan agar tidak terjadi adiksi bahkan menimbulkan kejahatan yang lainnya,” tutupnya. 

Hal tersebut juga mendapat respon positif dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Serdang Bedagai Herman, SE menyambut baik niat dan program Kapolres Sergai dalam membuat jalan tembusan dan juga memberikan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan yang positif.

“Jalan ini sangat tepat, membuka akses baru, memberikan fasilitas kepada masyarakat dengan tujuan membangun kebiasaan masyarakat menuju ke arah yang positif, ” sebutnya kepada awak media, Sabtu (10/9/2022) melalui sambungan pesan WhatsApp. 

Kagum, pasalnya jalan yang dibuka itu, tepat berada di depan kantor BPS Sergai, “Nah akses jalan ini dibuka, pastinya, penuh dengan manfaat, juga menambah nilai pada kantor kami. Ditambah, nantinya jalan ini akan dijadikan sebuah wadah edukasi bagi masyarakat Sergai,” tandas Herman. (ts-26)