Perkuat Kemitraan, PPAD Sumut Silaturahmi ke Pangdam I/BB

108

tobasatu.com, Medan | Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Sumut, Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak, SSos, beserta rombongan pengurus melakukan silaturahmi ke Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, di Ruang Audiensi Pangdam I/BB, Lt II Makodam Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (21/9/2022).

Kedatangan rombongan selain untuk mengenalkan para pengurus PPAD Sumut masa bakti 2022-2027, juga mengundang Pangdam I/BB untuk menghadiri peresmian renovasi Kantor PPAD Sumut di Jln Karya No.E-5 Medan dalam waktu dekat.

Dalam perbincangan yang hangat dan dalam suasana kekeluargaan itu, Ketua PPAD Sumut, Ganda Simanjuntak juga menyampaikan beberapa harapan kepada Pangdam I/BB. Di antaranya, permohonan pinjam pakai gedung aset milik Kodam I/BB untuk digunakan sebagai Kantor DPC PPAD Kota Medan dan Kantor HIPAKAD Sumut, yang selama ini masih menyatu dengan Kantor PPAD Sumut di Jln Karya Medan.

Kemudian terkait pemanfaatan lahan-lahan tidur yang menjadi aset Kodam I/BB untuk diberdayakan atau dikelola secara profesional oleh PPAD Sumut, sehingga nantinya tidak saja memberikan nilai tambah bagi para purnawirawan, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan bagi Kodam I/BB.

“Bagaimana pun juga, PPAD adalah aset TNI AD yang masih memiliki potensi untuk diberdayakan, dan inilah salah satu tujuan silaturahmi kemitraan kami, di samping harapan bimbingan dan arahan dari Pangdam I/BB sebagai pembina PPAD Sumut,” urai Ganda Simanjuntak.

Menanggapi hal ini, Pangdam I/BB merespon positif atas usulan dan harapan dari Ketua PPAD Sumut beserta para pengurusnya.

Terkait pinjam pakai gedung untuk dijadikan kantor, Pangdam I/BB menjelaskan akan melihat kondisi riel di lapangan.

“Sampai kini pun Kodam I/BB masih kekurangan untuk pengadaan rumah prajurit. Karenanya, perkantoran ini akan kita lihat perkembangannya ke depan,” jelas Pangdam.

BACA JUGA  Dandim 0201/BS dan Danrem 023/KS Disertijabkan

Lain halnya dengan tawaran kerja sama pemanfaatan lahan tidur yang menjadi aset Kodam I/BB. Pangdam mengaku tertarik. Karena saat ini Kodam I/BB tengah mengembangkan Yayasan Bukit Barisan yang didalamnya terdapat badan usaha berbentuk PT (perseroan terbatas) maupun CV.

“Karena itu, untuk memperkuat kerja sama kemitraan ini, kita harapkan PPAD Sumut juga memiliki badan usaha berbentuk PT di luar Koperasi PPAD Sumut yang sudah didirikan, sehingga harapan menjadikan para purnawirawan sebagai enterpreneurship (wirausahawan) bisa secepatnya terwujud,” ungkap Pangdam.

Turut mendampingi Pangdam, antara lain Aster Kasdam I/BB, Kolonel Arh Dedik Ermanto, SIP, MT, Kababinminvetcaddam I/BB, Kolonel Inf Joko Susilo, Kapendam I/BB, Letkol Inf Rico J Siagian, SSos, dan Pabanda Komsos Sterdam I/BB, Mayor Inf Ida Bagus.

Sedangkan pengurus PPAD Sumut yang hadir, di antaranya Wakil Ketua Badan Pertimbangan, Brigjen TNI Purn Gatot Eko Puruhito, SE, MM, anggota Badan Pertimbangan, Brigjen TNI Purn Dr Ahwan Ismadi, SPdI, SH, MH, LLM, Wakil Ketua, Kolonel Inf (Purn) N Sitorus, Bendahara, Kolonel Cku (Purn) M Siagian, Kabid Ekonomi, Kolonel Inf (Purn) Totok Budiharto, SIP, Kabid Sosial, Kolonel Ckm (Purn) drg Susanto, MKes, Kabid Hukum, Kolonel Czi (Purn) J Siregar, SH, Humas, Zullifkar AB, ST, dan dua anggota (profesional), Olan Simatupang serta Kia Matondang. (ts04)