Kejurda Aquatic PRSI Sumut, Edy Rahmayadi : Tahun 2023 Kolam Renang Selayang Dibenahi Sesuai Standar FINA

926
Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi saat menghadiri Kejurda Aquatic PRSI Sumatera Utara di Kolam Renang Selayang Medan, Sabtu (11/5/2022).

tobasatu.com, Medan | Tahun 2023, Kolam  Renang Selayang Medan akan dibangun dan dibenahi sesuai standar FINA (Federation Internationale de Natation) karena menjadi pusat pertandingan olahraga Aquatic PON 2024.

“Banyak yang harus dibenahi, harus mengikuti standar Federasi Renang Internasional. Mulai dari panjang kolam, lebar lintasan, ketinggian air, temperature air sampai harus ada papan sentuh pengukur waktu otomatis dipasang di kedua sisi dinding kolam. Itu biayanya besar sekali. Tapi harus disiapkan dan insya Allah 2023 selesai,” kata Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi saat menghadiri Kejurda Aquatic PRSI Sumatera Utara di Kolam Renang Selayang Medan, Sabtu (5/11/2022).

Untuk peningkatan mutu atlet Aquatic, pemerintah provinsi dan PRSI Sumatera Utara, tambahnya, sudah melakukan lobi-lobi dengan pelatih-pelatih luar negeri agar bisa mempercepat perbaikan prestasi atlet Sumatera Utara.

“Kita tengah menjajaki membawa para pelatih ke sini (Medan-red), atau seluruh atlet Pelatda binaan PRSI dan KONI kita karantina di luar negeri untuk pelatihan,” jelas Edy lagi.

Upaya itu dilakukan karena sejumlah faktor. Diantaranya, kesulitan menegakkan disiplin atlet lewat pelatih lokal dan Nasional.

“Kelemahan pembinaan atlet hampir di semua lini adalah disiplin. Kalau pelatih luar, disiplin nomor satu. Nggak ada neko-neko, apalagi pakai ngeles,”tegas Edy Rahmayadi. Usai menyerahkan penghargaan kepada juara Kejurda Aquatic Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengecek langsung seluruh venue di Kolam Renang Selayang Medan.

“Di sini juga kita bangun mess untuk atlet, jadi mereka stand by di sini dan focus latihan,”pungkasnya.

245 Peserta

Kejurda Aquatic PRSI Sumatera Utara berlangsung 4-6 November 2022, diikuti 245 atlet hasil seleksi  18 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. 

Terdapat tiga jenis olahraga aquatic yang dipertandingkan, yakni Renang, Gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, Loncat Indah dan Polo Air.

BACA JUGA  Pangdam I BB Buka Bukit Barisan Swimming Championship

“Alhamdulillah, tiga peserta renang berhasil memecah rekor Kejurda. Giony Ricardo Siahaan dari Pematang Siantar untuk 800 m, Evi Vania juga dari Pematang Siantar untuk 200 m putri dan Dimas Prayoga, juara gaya kupu-kupu putra 50 m. Sementara peserta Polo Air juga diatas prediksi kita, ada 7 tim yang akan bertanding Minggu dari 6 Pengcab. Saya sangat optimis, Sumut bisa merebut kembali kejayaan olahraga aquatic di masa lalu,” ujar Ketua Umum PRSI Sumut, H. Muchrid ‘Coki’ Nasution.

Tujuh tim Polo Air berasal dari Pengcab Medan, Deliserdang, Binjai, Serdang Bedagai, Asahan dan Simalungun. 

“Banyak pelajaran kita petik dalam setahun terakhir untuk menggenjot para atlet aquatic. Sejumlah event kita gelar dan akan terus dikebut hingga ke daerah-daerah. Semoga semua pihak mendukung cita-cita kita untuk bisa mendapatkan 25 medali emas dalam PON 2024 nanti,’’tambah Coki.

Kejurda Aquatic akan berakhir Minggu 6 November 2022, dengan pertandingan Polo Air. (rel)