Wujudkan Cita-cita Almarhum Juliadi, Pembangunan Al-Qur’an Center Diwujudkan

201
Wali Kota Binjai Drs.H.Amir Hamzah, MAP melakukan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti pembanguna. AL Quran Center di Binjai.

tobasatu.com, Binjai | Pemerintah Kota Binjai resmi memulai pembangunan Masjid Kota dan Gedung Alquran Center Kota Binjai, Sumatera Utara, di lahan eks Pasar Tunggurono, Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Binjai Timur, Jumat (30/12/2022) pagi.

Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, Wakil Wali Kota Binjai, Ketua DPRD Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra ST, dan Ketua MUI Kota Binjai, Assoc Prof Dr HM Jamil Siahaan MA, yang diikuti Anggota Komisi IX DPR RI Hj Delia Pratiwi, Wakil Walikota Binjai, Rizky Yunanda Sirepu STP MP.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirahim, dengan ini saya letakan batu pertama pembangunan Masjid Kota dan Gedung Alquran Center Kota Binjai,” seru Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, sesaat sebelum peletakan batu pertama serta adonan semen dan pasir pada fondasi dasar bangunan.

Dalam pidatonya, Drs H Amir Hamzah MAP mengatakan, pembangunan Masjid Kota dan Gedung Alquran Center Kota Binjai merupakan salah satu cita-cita dan janji politik dirinya bersama Wali Kota Binjai terpilih Almarhum H Juliadi SPd MM saat kontestasi Pilkada 2020, sebagai upaya mewujudkan Kota Binjai yang maju, berbudaya, dan religius.

“Alhamdulillah, salah satu janji saya bersama Almarhum Pak Juliadi pada hari ini mulai terealisasi. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Ketua dan seluruh Anggota DPRD Kota Binjai, karena sudah bersedia mendukung ide dan gagasan saya,” terang amir.

Menurut Amir, komplek yang difungsikan sebagai pusat kajian Islam, sekaligus wadah pembinaan dan pengembangan para mubalig, serta qari dan qariah di Kota Binjai ini, dibangun diatas lahan seluas satu hektar. Pembangunannya menyerap anggaran hingga Rp 47 miliar, yang berasal dari APBD Kota Binjai tahun anggaran 2022 dan 2023.

BACA JUGA  PT Viola Cipta Mahakarya Mundur dari Proyek Pembangunan Al-Qur'an Center Binjai

“Sesuai dengan desainnya, Masjid dan Gedung Alquran Center Kota Binjai memadukan arsitektur lokal dan Timur Tengah. Rencananya, khusus aula kita beri nama Aula Haji Juliadi. Sedangkan ruangan lain akan diberi nama ulama-ulama besar di Kota Binjai,” ujarnya

Secara khusus Amir menyatakan, peletakan batu pertama pembangunan Masjid Kota dan Gedung Alquran Center Kota Binjai sendiri harus dimaknai sebagai peletakan fondasi berfikir dan landasan berpijak untuk memulai langkah strategis membangun dan mensejahterakan masyarakat, khususnya Umat Islam. (ts-25)