IDCamp X KADIN Dibuka, IOH Targetkan Ribuan Talenta Digital Muda Bergabung

222
Program kolaborasi IDCamp X KADIN 2023 yang digagas oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

tobasatu.com, Medan | Program kolaborasi IDCamp X KADIN 2023 yang digagas oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dimulai. IDCamp merupakan beasiswa belajar Coding secara online dan bersertifikat global. 

“IDCamp salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) IOH yang ditujukan untuk mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan 17 juta talenta digital hingga tahun 2030,” ujar SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang dalam siaran persnya, Rabu (18/1/2023).

Dijelaskannya, IDCamp X KADIN 2023 hadir dengan pendaftaran yang dibuka mulai tanggal 10 Januari hingga 10 Februari 2023. Diawali dengan pelatihan  secara online untuk basic dan beginner. Program yang merupakan bagian dari CSR IOH di Pilar Pendidikan Digital tersebut akan berlangsung hingga bulan Agustus 2023. 

“Program ini akan menargetkan sebanyak 3.000 talenta muda dari kota Solo, Medan, dan Makassar dengan harapan dapat terwujudnya ekosistem pendidikan digital Indonesia yang semakin merata. Setelahnya, di tanggal 15 Maret 2023, 100 orang peserta yang berhasil lulus dengan nilai terbaik dari setiap kota, akan diberikan Beasiswa kelas tingkat intermediate untuk mengikuti pelatihan secara online,” ujarnya.

Selanjutnya, akan dipilih kembali 50 peserta terbaik di tiap-tiap kota untuk mengikuti pelatihan secara offline. Para peserta tersebut nantinya akan mendapat challenge khusus dan pemenangnya akan diumumkan di bulan Agustus.

Ia juga menjelaskan bahwa komitmen IOH adalah memberdayakan Indonesia lewat pemenuhan kebutuhan talenta digital melalui IDCamp dengan semangat gotong royong. “Kami yakin kerja sama dengan KADIN ini akan mendukung Indonesia menjadi pusat kekuatan digital di Asia Pasifik, dan kedepannya akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” terang Steve.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika KADIN Indonesia, Firlie H. Ganinduto mengatakan pihaknya senang bermitra dengan IOH karena memiliki visi yang sama untuk mendukung visi Indonesia dalam menciptakan talenta digital. 

BACA JUGA  Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Saat Lebaran, Area Kisaran dan Tebing Tinggi Tertinggi di Sumatera

“Kami berharap banyak anak muda Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan kreativitas mereka serta membantu KADIN di daerah dalam memetakan kebutuhan skill di daerah masing-masing agar lulusan IDCamp x KADIN ini bisa langsung disalurkan,” katanya. (ts-20)