Ayo Uji Adrenalin Dengan Wisata Rafting di Sei Bah Bolon Sergai

446
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat rafting di Sungai Bah Bolon, Kabupaten Serdang Bedagai beberapa waktu lalu.

tobasatu.com, Sergai | Sipispis adalah sebuah nama kecamatan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Sipispis terdiri dari 20 desa yakni : Desa Naga Raja, Desa Nagur Pane, Desa Marubun, Desa Mariah Nagur, Desa Marjanji, Desa Rimbun, Desa Tinokkah, Desa Pispis, Desa Baja Dolok, Desa Sibarau, Desa Silau Padang, Desa Simalas, Desa Sipispis, Desa Parlambean, Desa Buluh Duri, Desa Damak Urat, Desa Serba Nanti, Desa Gunung Sitolu, Desa Bartong, dan terakhir Desa Gunung Pane.

 

Jika dilihat dari kepadatan penduduk, Kecamatan Sipispis termasuk dalam kategori yang luas dengan penduduknya terbilang sangat banyak. Daerah ini mayoritas dihuni oleh Etnis Simalungun, dan beberapa etnis lain seperti Jawa dan Batak Toba.

Salah satu Desa yang ada di Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai yaitu Desa Buluh Duri. Desa Buluh Duri ini juga sempat masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang mampu bersaing dari total 3.500 desa wisata. Tentu hal ini menjadi suatu kebanggaan dan prestasi yang luar biasa untuk Kabupaten Serdang Bedagai.

Dilansir dari laman kemenparekraf.go.id, Desa Buluh Duri mempunyai daya tarik wisata yang menarik, yaitu arung jeram atau rafting yang berada di sungai Bah Bolon. Pemandangan alam yang menakjubkan mengalir di sepanjang sisi Desa Buluh Duri. Itulah sebabnya mengapa Desa Buluh Duri masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik.

Pasca ditetapkannya sebagai satu dari 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia dalam ADWI 2022, tepat di hari Kamis 23 Juni 2022 menjadi momen istimewa dengan kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno dan di terima baik oleh  Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP.

Kini, upaya Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam mewujudkan Wisata Maju Terus, mendapat pengakuan yang luar biasa. Terbaru, Desa Wisata Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di Jakarta pada 30 Oktober 2022 lalu.

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, yang hadir langsung dalam acara ini menyampaikan rasa bangganya atas prestasi prestisius yang diraih Desa Wisata Buluh Duri. Ia menuturkan jika ini merupakan kali kedua Desa Wisata Buluh Duri ikut dalam kompetisi ADWI.

“Tahun 2021, Buluh Duri masuk 300 besar. Lalu di edisi 2022, berhasil menembus 50 terbaik nasional, bahkan dapat penghargaan di 2 kategori yakni menjadi juara Desa Wisata Terfavorit serta runner-up Desa Wisata kategori Digital dan Kreatif. Ini menjadi motivasi bagi seluruh pihak terkait untuk semakin berbenah dan meningkatkan kualitas desa wisata ini,” ungkap Wabup sumringah.

Ia mengatakan, momen ini menjadi suatu kehormatan bagi Kabupaten Sergai. Ia meyakini, dengan anugerah alam dan potensi yang luar biasa ini, Desa Buluh Duri dengan Arung Jeram Bahbolon-nya akan semakin baik lagi kedepannya. Perlahan, sebutnya, infrastruktur pendukung akan pihaknya perbaiki, sarana prasarana serta SDM yang mumpuni juga akan dipenuhi.

“Sebuah kebanggan tentunya bagi kita semua, khususnya masyarakat Sergai atas capaian ini. Keindahan alam Desa Buluh Duri saat melakukan arung jeram memang layak diacungi jempol. Satu per satu sudah kami benahi. Terkhusus untuk tahun ini sudah dibuat Perda tentang pengembangan pariwisata yang khusus berbicara tentang sarana transportasi ke objek-objek wisata yang ada di Sergai” sebut Wabup.

Tak lupa Adlin Tambunan juga mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf dan jajaran, terkhusus lagi seluruh lapisan masyarakat Sergai, yang sudah mendukung penuh wisata alam arung jeram atau rafting Bahbolon di Desa Buluh Duri.

“Luar biasa dukungan yang diberikan oleh publik. Tercatat ada sebanyak 140.547 vote yang didapat Desa Wisata Buluh Duri hingga menjadikannya paling favorit dalam ajang ADWI 2022. Semoga ini menjadi harapan baru bagi kita semua untuk kemajuan sektor pariwisata di Sergai kedepannya, sehingga visi Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius, pada akhirnya bisa terwujud,” ujarnya.

Selain arung jeram, Desa Buluh Duri juga menyuguhkan keindahan panorama alam kepada para pengunjung. Salah satunya adalah air terjun bahgula yang tingginya hampir 25 meter, green canyon dinding batu berlumut yang tingginya hampir 30 meter, magic wall dinding batu besar yang menjulang tinggi dan membentuk ukiran alami dari tetesan air. Kemudian ada batu boru manjile yang menjadi situs sejarah yang berada di aliran sungai Bah Bolon, peninggalan kerajaan Bajalingge. Batu ini berada di bibir sungai dan menjadi cagar budaya di Kecamatan Sipispis, ada juga batu katak yang bentuknya menyerupai katak.

Sungai Bah Bolon juga memiliki karakteristik berupa bebatuan dangkal dengan grade 2-3 sepanjang 16 kilometer, serta memiliki jeram yang cukup banyak. Oleh karenanya, kondisi ini membuat wisata jeram di sungai Bah Bolon aman untuk dinikmati para pecinta adrenalin dan penikmat rafting pemula seperti kamu yang ingin mencobanya. Menjadi harapan kita bersama, semoga olahraga arung jeram (rafting) ini bisa melahirkan bibit-bibit yang  potensial yang melestarikan atlet arung jeram berkualitas di Tanah Bertuah Negeri Beradat, sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Sergai baik di kancah nasional maupun internasional. Yuk…ke Sergai, kita jajal Rafting di Sei Bah Bolon. (ts-23)