Nikmati Ragam Wisata Dengan Melancong Ke Sergai

621
Pulau Berhala, merupakan salah satu objek wisata yang menjadi tujuan pelancong baik domestik maupun mancanegara.

tobasatu.com, Sergai | Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan sebuah kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Induk Deli Serdang dan beribu kota di Sei Rampah.

Dimekarkan dari Kabupaten Deli Serdang berdasarkan UU RI Nomor 36 Tahun 2003 pada tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. Kabupaten Sergai juga termasuk sebuah daerah yang mengalami perkembangan cukup pesat terutama di bidang pariwisata.

Beragam jenis pariwisata yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat dinikmati oleh para pengunjung dari berbagai daerah. Tak hanya menyuguhkan wisata pantai saja, namun di Sergai ada juga wisata religi seperti di miniatur Ka’bah di komplek Masjid Agung Sergai. Ada juga Pura Bali dan Kebun Binatang di Kecamatan Pegajahan, Pulau Berhala yang merupakan salah satu pulau terluar menawarkan beragam panorama yang sangat indah berada di Kecamatan Tanjung Beringin.

Kemudian ada wisata kuliner Kampung Tahu di Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul, yang memproduksi aneka jenis penganan berbahan dasar tahu.  Wisata kuliner lainnya terdapat di Desa Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan. Ini merupakan sentra kerajinan makanan maupun kerajinan produk-produk dari bahan alam. Di Desa Pasar Bengkel ini lah oleh-oleh khas Sergai berupa dodol bisa didapatkan dengan berbagai varian rasa. Tak hanya dodol, beragam cemilan seperti keripik maupun kerupuk bisa dibeli. Selain itu, tersedia juga beragam hasil kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Kabupaten Sergai juga punya lokasi wisata alam, yaitu air terjun Sampuran Widuri yang ada di Kecamatan Dolok Merawan. Tak kalah menarik, wisata sungai yang diperuntukkan bagi wisatawan yang siap menguji adrenalin berarung jeram juga tersedia di Sungai Bah Bolon Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis. Lokasi wisata ini disebut Ancol Arung Jeram yang dilengkapi dengan pemandian alam batu nongol.

BACA JUGA  Nikmati Atmosfer Pulau Dewata di Pantai Bali Lestari
air terjun Sampuran Widuri yang ada di Kecamatan Dolok Merawan.

Terbaru, ada wisata “Kuala Bali Farm” yang ada di Desa Kuala Bali Kecamatan Serbajadi. Tempat ini bisa juga dijuluki dengan nama agrowisata bernuansa alam yang baru diresmikan oleh Bupati Darma Wijaya pada bulan Oktober 2022 lalu.

Agrowisata ini menyediakan berbagai macam buah-buahan populer seperti berbagai jenis durian, alpukat, manggis, kelapa pandan wangi, rambutan, jambu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya berbagai macam buah-buahan, berbagai wahana permainan juga tersedia seperti bermain ATV, berenang bareng keluarga, serta naik odong-odong keliling agro melihat berbagai macam buah-buahan. karaoke, belajar berternak ikan gurame, serta menikmati kuliner nusantara  yang tersedia di Resto Kwala Bali Farm. Bisa dibayangkan, pastinya seru sekali.

Wisata Pantai Bali Lestari.

Namun, fakta yang terjadi wisata pantai masih tetap menjadi primadona di Kabupaten Sergai. Dengan banyaknya nama-nama pantai yang terdapat di Kabupaten Sergai ini menjadikan pantai sebagai destinasi wisata favorit dan ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam daerah maupun dari luar. Tak hanya ramai pada hari libur nasional saja, pada hari-hari biasa pantai-pantai ini juga kerap menjadi tujuan para wisatawan.

Ragam Lokasi Wisata Pantai di Sergai

Adapun beragam wisata pantai yang dimiliki Kabupaten Sergai antara lain; Pantai Pondok Permai, Woong Rame, Bali Lestari, Pantai Cermin Thame Park, Kuala Putri, Sri Mersing, Gudang Garam berlokasi di Kecamatan Pantai Cermin. Sedangkan Pantai Matang Matik, Nipah, Romatis, Cemara Kembar, Mangrove, Klang berada di Kecamatan Perbaungan. Pantai Sialang Buah dan Sentang di Kecamatan Teluk Mengkudu  dan Pantai Merdeka berada di Kecamatan Tanjung Beringin.

Pemkab Sergai terus concern terhadap pengembangan pariwisata daerah. Memberikan perhatian untuk mewujudkan wisata maju terus yang betul-betul intensif dilakukan. Hal ini membuahkan hasil yang manis, terbukti Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis, meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di Jakarta, pada akhir Oktober 2022 lalu. Penghargaan yang diperoleh ini terdiri dari 2 (dua) kategori yakni menjadi juara Desa Wisata Terfavorit serta runner-up Desa Wisata kategori Digital dan Kreatif.

BACA JUGA  Nikmati Atmosfer Pulau Dewata di Pantai Bali Lestari

“Kabupaten Sergai juga terkenal dengan keberagaman daya tarik dan potensi wisata yang jika dikembangkan secara menyeluruh dan terpadu akan menjadi aset dan potensi wisata yang mampu menarik kunjungan para pelancong,” kata Bupati Darma Wijaya saat meresmikan Kuala Bali Farm, Oktober 2022 lalu.

Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam program unggulan SAPDA atau Sapta Dambaan, yaitu Wisata Maju Terus. Oleh karenanya, Pemkab Sergai terus berupaya maksimal dalam mengembangkan seluruh potensi wisata baik itu bahari, budaya, religi, desa wisata, dan juga agrowisata.

Terkait dengan bidang pariwisata, Bupati Sergai sering berpesan jika ingin mendatangkan banyak wisatawan, potensi-potensi itu perlu lebih dimaksimalkan dan dikemas dengan lebih baik lagi. Kemudian harus mampu menanamkan citra baik daerah, sehingga meninggalkan kesan yang baik pula bagi wisatawan yang akan membuatnya ingin kembali berwisata ke Kabupaten Sergai.

“Jika pariwisata dan perekonomian bisa seiring sejalan tentu akan berdampak pada perekonomian. Sektor pariwisata juga sebagai penggerak ekonomi harus tetap mengedepankan kearifal lokal yang pada akhirnya mampu mendorong pembangunan daerah dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Ayo kita temukan beragam pilihan tempat wisata yang menarik di Kabupaten Sergai, Provinsi Sumatera Utara. Tentunya Kabupaten Sergai memiliki objek wisata alam terbaik, terbaru dan kekinian.

Bagi para wisatawan yang telah menjejakkan kaki di bumi Tanah Bertuah Negeri Beradat pastinya sudah mendapat pengalaman liburan yang berkesan. Jadi tunggu apalagi, yuk kita ramai-ramai berwisata ke Sergai. (ts-23)