Peserta F1 Powerboat Sebut Danau Toba Punya Tantangan Tersendiri

473
Alice Weckstrom asal Finlandia memuji keindahan Danau Toba.Dia menyebut Danau Toba memiliki tantangan tersendiri.

tobasatu.com, Toba | Sejumlah peserta dari luar negeri F1 Powerboat memuji keindahan alam kawasan Danau Toba.  Alice Weckstrom asal Finlandia mengatakan Danau Toba sangat luar biasa. Menurut Weckstrom, ini kali pertama ia berlaga di daerah berudara sejuk, sehingga baginya Danau Toba punya tantangan dan skill tersendiri.

“Di even F1 Powerboat Danau Toba ini, saya sangat berambisi untuk meraih posisi juara,” ucapnya dalam konfrensi pers, di gedung Media Center, Jumat (24/2/2023) di Balige.

Peserta lainnya, Marit Stromoy asal Norwegia juga mengungkapkan hal yang sama. Wanita yang juga berprofesi sebagai entertainer ini menyatakan punya kesan tersendiri terhadap Danau Toba.

“Saya sangat terkesima dan ini belum pernah saya rasakan di even-even di wilayah lainnya. Udaranya sangat dingin dan menjadi suatu yang berbeda,” ujarnya.

Sementara driver asal Amerika Serikat Shaun Torrente menyampaikan merasa bangga mendapat kesempatan pertama berkunjung ke wilayah ini. “Danau Toba merupakan lokasi yang paling indah,’ kata Torrente yang dipertandingan nanti berpasangan dengan Thani Alqemzi asal Abu Dhabi.

Acara konfrensi pers yang turut diliput puluhan media lokal, nasional dan luar negeri itu juga dihadiri, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Menteri koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, Nicole disan Germano (Founder H 20 Racing) dan sejumlah peserta lainnya.

Luhut Binsar mengaku bangga danau Toba kini menjadi perbincangan dunia. Even F1 Powerboat yang terselenggara di Provinsi Sumatera Utara ini menurutnya dipastikan ditonton lebih dari 180 juta orang baik dalam maupun luar negeri.

“Dari informasi yang saya dengar, even ini ditonton lebih dari 180 juta orang. Ini sangat luar biasa,” ucapnya.

Luhut juga menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak baik pemerintah Provinsi Sumatera Utara maupun insan media yang tak henti menyajika pemberitaan positif tentang Danau Toba dan F1 Powerboat. Ia ingin kegiatan ini terus terselenggara di lokasi tersebut dan berkesinambungan setiap lima tahun ke depan.

Persiapan menyongsong kegiatan ini, menurut Luhut memakan waktu sedikitnya 6 bulan yang tentunya masih banyak perbaikan-perbaikan. “Nantinya tentu akan lebih baik,” ucapnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, menyampaikan sangat bangga provinsi ini dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan even internasional tersebut. “Sebagai tuan rumah tentunya Pemprov Sumut berupaya menyajikan yang terbaik untuk peserta, dan para pengunjung yang datang ke Danau Toba guna menyaksikan even yang mulai berlangsung, Sabtu (25/02/2023). (ts-02)