Membangun Sergai Lewat Infrastruktur yang Terintegrasi

836

Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu program prioritas yang menjadi perhatian Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP. Pasangan yang dikenal publik dengan sebutan Dambaan tersebut sepakat jika infrastruktur yang kondisinya baik akan berdampak baik pula terhadap banyak aspek penting. Apalagi infrastruktur jalan, yang memegang peranan sangat penting dalam pembangunan daerah. Bahkan Bupati dan Wabup punya jargon khusus untuk menggambarkan betapa pentingnya akses jalan yang baik: “Jalan Mulus, Ekonomi Bagus.”

Saat ditemui dalam kegiatan peresmian pembangunan ruas jalan kabupaten, Senin (20/3/2023), di Perbaungan, Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya menjelaskan pada awal kepemimpinannya dan Wabup di tahun 2021, pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Sergai baru mencapai sekitar 52%. Keduanya kemudian melakukan langkah konkrit segera dengan menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu prioritas kerja yang tertuang dalam SAPDA atau Sapta Dambaan yang berisi 7 program unggulan.

Membangun Sergai Lewat Infrastruktur yang Terintegrasi (1)

Ada banyak sekali pengaruh positif yang terjadi jika ruas jalan di sebuah daerah punya kualitas yang bagus. Bukan apa-apa, peningkatan kualitas jalan memiliki efek domino yang luar biasa karena akan berpengaruh langsung terhadap sektor-sektor utama lain yang ada di suatu daerah. Yang pertama tentu saja mobilitas atau pergerakan masyarakat akan semakin mudah dan lancar. Infrastruktur jalan yang baik dapat meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antara berbagai wilayah, sehingga memudahkan mobilitas orang dan barang. Dengan infrastruktur jalan yang baik, masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan lebih cepat, nyaman, dan aman, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya transportasi. Selain itu, infrastruktur jalan yang baik juga dapat meningkatkan efisiensi logistik dan distribusi barang, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk daerah. Dengan adanya infrastruktur jalan yang baik, dapat memudahkan transportasi barang dari produsen ke konsumen atau distributor dengan cepat dan aman.

BACA JUGA  Dua Unit Rumah Terbakar di Sergai, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

 

Selain urusan logistik, infrastruktur jalan yang baik juga dapat memberikan manfaat dalam hal meningkatkan aksesibilitas terhadap berbagai layanan dan fasilitas publik, seperti rumah sakit, sekolah, pasar, dan lain-lain. Dengan adanya infrastruktur jalan yang baik, masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan dan fasilitas tersebut, tanpa harus menghadapi kendala dan kesulitan dalam transportasi.

Dengan demikian, pembangunan infrastruktur jalan yang baik sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap layanan dan fasilitas publik serta mempercepat pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan perhatian dan alokasi dana yang cukup untuk membangun dan merawat infrastruktur jalan yang baik dan berkualitas dan hal ini sudah disadari betul oleh pasangan Dambaan sejak sebelum memimpin Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Selain itu, jalan yang bagus dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan sektor pariwisata dalam sebuah daerah. Hal ini dikarenakan jalan yang baik akan memudahkan aksesibilitas wisatawan untuk menuju ke berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai. Dengan akses yang mudah, wisatawan akan merasa lebih nyaman dan terdorong untuk berkunjung ke daerah tersebut. Jalan yang baik juga dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Wisatawan akan merasa lebih aman dan tenang ketika berkendara di jalan yang baik dan terawat dengan baik, sehingga mereka akan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di daerah tersebut dan berpotensi mengulang kunjungan ke kabupaten yang sama di masa yang akan datang. Tak hanya itu saja. Jalan yang baik juga dapat meningkatkan citra daerah sebagai destinasi wisata yang terpercaya dan berkualitas.

Hal ini dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut dan juga mempromosikan daerah tersebut secara lebih efektif melalui media sosial atau rekomendasi dari teman-teman mereka. Dengan demikian, dapat meningkatkan daya tarik dan aksesibilitas wisata di daerah tersebut, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan dan berdampak positif pada perekonomian kabupaten. Selain itu, pemerintah dapat memperhatikan pengembangan pariwisata secara terintegrasi dengan infrastruktur jalan dan transportasi, sehingga dapat memberikan pengalaman wisata yang lebih baik bagi para wisatawan. Dengan perhatian dan upaya yang baik dalam pengembangan infrastruktur jalan dan pariwisata, dapat membantu meningkatkan potensi wisata kabupaten dan memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang besar bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA  Wujudkan Masyarakat Religius, Bupati dan Wabup Sergai Laksanakan Safari Jumat 

“Pembangunan infrastruktur menjadi fokus utama kami yang tercantum dalam SAPDA terutama pada poin “Infrastruktur yang Terintegrasi”. Alhamdullilah, dari data terbaru yang kami punya tahun ini pembangunan sudah mencapai angka 78%,” ucap Bupati.

Darma Wijaya kemudian mengajak seluruh elemen masyarakat memberikan dukungan kepada Pemkab Sergai untuk mencapai target 85% di tahun ini dan mampu meraih angka 100% di masa kepemimpinan pasangan Dambaan.

“Infrastruktur ini sifatnya sangat vital dan strategis. Itulah yang membuat kami yakin jika jalan mulus, ekonomi bagus. Kalau fasilitas jalan baik, maka mobilitas warga juga makin mudah. Distribusi barang semakin terjangkau. Dan dalam jangka panjang juga akan berpengaruh terhadap nilai properti milik masyarakat karena mampu mendongkrak harga,” ungkap Bupati lagi.

Tidak hanya infrastruktur jalan, pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Sergai tahun 2024, yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (21/3/2023), Darma Wijaya juga menyampaikan jika pihaknya juga melaksanakan pembnagunan pada infrastruktur lainnya.

Di antaranya, pembangunan jembatan sebanyak 74 unit. Lewat pembangunan ini, 60,97% jembatan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai sudah dalam kondisi baik. Kemudian pembangunan jalan usaha tani sepanjang 8.407,14 meter sehingga total jalan usaha tani yang sudah dibangun mencapai 10.088,14 meter. Lalu pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 994 unit sehingga total rumah tidak layak huni yang sudah dibangun sebanyak 2.617 unit atau 92,32%.

Kesuksesan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Serdang Bedagai yang meningkat di bawah kepemimpinan pasangan Dambaan telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Dengan adanya infrastruktur yang baik, aktivitas transportasi menjadi lebih lancar, perekonomian masyarakat semakin meningkat, dan kehidupan sosial-ekonomi di wilayah tersebut semakin membaik.