Mengenal Istilah ‘Not to Land Notice’ dari Imigrasi, Traveler Perlu Tahu

459
Marina Garden by The Bay Singapura.

tobasatu.com, Jakarta | Seorang anggota grup traveler internasional dari Indonesia berbagi pengalaman di Facebook mengenai dirinya tidak bisa memasuki Hongkong karena mendapatkan not land notice dari Imigrasi. Bahkan dia dipulangkan ke negaranya di hari yang sama.

Namun dia tidak mengetahui alasan mengapa dirinya tidak diperkenankan masuk ke Negara tersebut oleh Imigrasi. Padahal sebelumnya di sudah lima kali berkunjung ke Hongkong, sambil membawa seseorang yang dijadikan pemandu wisata.

“Kejadiannya Bulan Februari 2023, dan saya mau mencoba masuk lagi bulan Mei ini. Mohon saran nya,” tutur pengguna Facebook bernama Abu Furqon tersebut, sebagaima tobasatu.com kutip pada Rabu (17/5/2023).

Kebijakan Notice not to land juga sebelumnya pernah diberlakukan Imigrasi Singapura terhadap pendakwah Ustadz Abdul Somad sekitar Mei tahun 2022 lalu. Pihak Imigrasi ketika itu menolak kedatangan UAS karena Ustadz Somad dianggap pendakwah ekstrim.

Lantas apakah yang dimaksud dengan Notice not Land yang dikeluarkan Imigrasi tersebut?. Dilansir suara.com, Not to Land adalah penolakan untuk masuk di batas negara atau penolakan masuk seketika di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di sebuah negara. Aturan Not to Land ini merupakan sebuah bentuk penegakan hukum yang diberlakukan di beberapa negara yang bersifat administrasi negara.

Warga Negara Asing (WNA) yang dinilai melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi seperti Not to Land Notice, Deportasi, kurungan badan dan membayar denda. Apabila WNA dikenakan Not to Land notice, maka akan langsung dikembalikan ke negara bersangkutan pada pemberangkatan pertama menuju negara pemberangkatan.

Jika WNA yang dikenakan Not to Land notice masih harus menunggu karena tidak ada jadwal keberangkatan, maka WNA harus menunggu di ruang detensi yang ada di tempat pemeriksaan keimigrasian (TPI).

Mengutip laman resmi Kedutaan Malaysia, ada beberapa alasan ditetapkannya Not to Land notice kepada seseorang, yakni  : Paspor memiliki sisa masa berlaku kurang dari enam bulan, sebelumnya telah tinggal lama di Malaysia dan dilarang kembali ke Malaysia untuk jangka waktu tertentu ; seseorang yang menggunakan paspor turis secara tidak tepat dengan mencoba tinggal di Malaysia lebih lama dari yang sudah diizinkan, serta seseorang yang kehilangan atau tidak memiliki paspor.

Lantas apa perbedaan notice not to land dengan Deportasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deportasi artinya pembuangan, pengasingan, atau pengusiran seseorang ke luar suatu negeri sebagai hukuman, atau karena seseorang tidak berhak tinggal di sana. Deportasi artinya apa? Yaitu seseorang dipulangkan ke negara asalnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, Pasal 1 Ayat 36, deportasi adalah tindakan paksa mengeluarkan orang asing dari wilayah Indonesia. (ts-02)