Tingkatkan Literasi Masyarakat Pesisir, Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang dan Cabjari Labuhan Deli Teken MoU

412

tobasatu.com, Labuhan Deli | Kantor Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Deli Serdang di Labuhan Deli dan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip  Deli Serdang melaksanakan nota kesepahaman atau Memorandum of understanding (MoU) dalam hal sosialisasi literasi kepada masyarakat pedesaan khususnya warga pesisir pantai di Deli Serdang.

Penandatanganan MoU itu dilaksanakan di Aula Kantor Cabjari Deli Serdang di Labuhan Deli, Rabu (7/6/2023) oleh Kacabjari Labuhan Deli Hamonangan Sidauruk dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang Mukti Ali.

Hamonangan mengatakan tujuan MoU itu untuk mensosialisasikan literasi perpustakaan kepada masyrakat khusus warga yang bermukim di desa pesisir pantai Deli Serdang, sementara itu pihaknya akan memperkenalkan buku sebagai jendela pengetahuan.

Pelaksanaan MoU itu sendiri sudah diatur dalam Pasal 30, UU Kejaksaan No. 16 Tahun 2004 tentang Keperdataan baik ruang lingkup instansi pemerintahan dan negara. 

Saat ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa sangat perlu literasi perpustakaan, maka kebutuhan membaca buku sangat perlu.

Cabjari Labuhan Deli dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdangan akan bekerja sama membuat perpustakaan keling dan memberi pinjaman buku.

Dengan minat membaca, maka kesadaran hukum para generasi penerus bangsa terkait segala hal pengetahuan akan mendongkrak kualitas dan kuantitas ilmu mereka.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang Mukti Ali mengatakan sesuai UU No.43 tahun 2007 tentang perpustakaan, pihaknya dapat mengembangkan kerjasama MoU dengan semua lini untuk mensosialisasikan buku.

Tujuannya mencerdaskan bangsa dengan membaca buku secara teratur dan berkesinambungan.

“Dengan minat baca masyarakat, maka literasi budaya akan lebih baik dari sebelumnya jika dibandingkan dengan masyarakat yang tidak sama sekali isi buku karena jarang membaca buku,” pungkasnya. (ts14)

BACA JUGA  Cara Satgas TMMD 111 Kodim 0204/DS Buat TNI Tak Berjarak dengan Warga