Peringatan HANI Tahun 2023, Wali Kota Binjai : War On Drugs

720
Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah, MAP hadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) BNNK Binjai di Aula Pemko Binjai, Senin (26/06/2023).

tobasatu.com, Binjai | Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah, MAP hadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) BNNK Binjai di Aula Pemko Binjai, Senin (26/06/2023).

Keberlangsungan HANI mengusung tema “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar”. Amir Hamzah pada kesempatan tersebut meminta seluruh komponen masyarakat untuk saling bekerjasama memberantas narkoba. 

“Saya mengharapkan semua komponen, pemerintah Kota Binjai serta pemangku kepentingan dan komponen masyarakat secara optimal melaksanakan instruksi ini sesuai dengan peran dan fungsinya,” ucap Wali Kota Binjai.

Amir turut mengapresiasi kampanye perang terhadap narkotika (war on drugs) yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia dengan strategi soft power approach, hard power approach, smart power approach, dan cooperation. 

Upaya-upaya tersebut bertujuan untuk melakukan pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi dengan nilai-nilai edukasi dalam membangun ketahanan diri, keluarga, lingkungan. Selain itu juga dengan memulihkan pecandu narkotika untuk meningkatkan kualitas hidup dan melakukan penegakan hukum yang profesional dengan menghormati hak asasi manusia, memanfaatkan teknologi informasi serta menjalin kerja sama nasional, regional, dan internasional.

“Marilah kita terus berjuang dan menggelorakan war on drugs, perang melawan narkotika menuju Indonesia bersinar (bersih narkotika),” jelas Amir.

Sementara, Plt Kepala BNN Kota Binjai Bastian, menyampaikan bahwa BNN Kota Binjai selalu mengedepankan untuk memberantas peredaran dan penggelapan narkoba. 

Pada peringatan HANI 2023 kali ini, BNNK Binjai memprioritaskan tiga program untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kota Binjai, yakni melakukan sosialisasi, ketahanan diri keluarga dan kota tanggap narkoba. 

“Untuk menekan angka peredaran narkoba, seluruh OPD Binjai harus solid, saat ini kita sudah membentuk kampung bersih dari narkoba (Bersinar) di beberapa kelurahan,” ucap Bastian.

BACA JUGA  Peringati HANI, Kapolsek Kutalimbaru Lakukan Tes Urine Anggota 3 Terindikasi Narkoba

Hadir dalam acara tersebut Danramil 05/SLP, Kapten Inf Erwin YS Harahap, Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang, Kasi Pidum Kajari Kota Binjai Andri Dharma, KPLP Lapas Kelas IIA Binjai Pariaman Saragih, Kaban Kesbangpol Kota Binjai, Drs Ruslianto, Kasat Narkoba Res Binjai, AKP Irvan Rinaldi Pane, Para Kasi dan Staf BNN Kota Binjai, para pimpinan OPD Kota Binjai, para Camat se Kota Binjai, Anggota FKUB Kota Binjai, Pdt Dr Janes Padang, serta Karang taruna Kelurahan Tanah Seribu Kecamatan Binjai Selatan. (ts-25)