ASI dan BEM SI Sumut Siap Kolaborasi dengan PUD Pasar untuk Perkuat Digitalisasi di Pasar

532

tobasatu.com, Medan | Perkembangan teknologi terlebih digitalisasi mempengaruhi pola perdagangan, tak terkecuali di pasar. Karena itulah, sejumlah mahasiswa siap berkolaborasi dengan PUD Pasar Medan agar digitalisasi kian dikenal di kalangan pedagang.

Hal ini terungkap selepas audiensi antara Arah Sumut Institute (ASI) dan BEM Seluruh Indonesia (SI) Sumut dengan PUD Pasar Medan, Rabu (5/7/2023). Audiensi ini dipimpin oleh Dirut PUD Pasar Medan Suwarno didampingi Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu dan para Kepala Bagian.

Hadir pada audiensi ini Ahmad Chalil Gibran selaku Ketua BEM Universitas Dharmawangsa, Farouzi Zufri Lubis selaku Ketua BEM Polmed tahun 2021, Sidik selaku Ketua BEM Polmed tahun 2022), Madi Nasution selaku Ketua BEM Universitas Cut Nyak Dien, Abdul Yafi selaku Pengurus BEM USU, Ahmad Danil Lubis selaku Ketua BEM Unimed, Nanda selaku Ketua BEM Fakultas Saintek Panca Budi.

Selanjutnya Khalis selaku Ketua BEM Universitas Amir Hamzag, M Riski selaku Ketua BEM ITSI tahun 2021, Irsyad selaku Ketua BEM STT Sinar Husni Medan dan Kharisma, mahasiswa UINSU tahun 2022.

Diungkapkan Gibran, ASI dan BEM SI Sumut meyakini bahwa digitalisasi pasar sangat penting untuk memajukan perekonomian Kota Medan. Karena itu, pada audiensi tersebut, lanjut Gibran, pihaknya mendorong pembuatan aplikasi marketplace yang akan memudahkan penjual dan pembeli.

“Aplikasi ini juga menjadi acuan untuk mencegah konflik sosial yang banyak terjadi di lingkungan pasar di kota Medan. Dengan adanya aplikasi ini, akan meminimalisir pungli dan sebagainya,” ujar Gibran.

Lanjut dikatakan Gibran yang merupakan founder ASI dan Koordinator BEM SI Sumut ketika aplikasi marketplace ini sudah jadi, maka pihaknya bakal mensosialiasikan ke mahasiswa ataupun kalangan milenial. Tujuannya untuk mengenalkan bahwasanya aplikasi tersebut sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

BACA JUGA  Disaksikan Komisi III, Pengundian Kios di Pasar Aksara Berjalan Transparan, Pedagang Antusias

“Peran mahasiswa saat ini dibutuhkan untuk berkolaborasi dengan pemerintahan agar menyentuh masyarakat, satu diantaranya para pedagang di pasar,” beber Gibran yang menyebut ASI merupakan wadah diskusi dan kolaborasi yang diisi oleh Ketua BEM yang masih aktif san mantan Ketua BEM di Sumut.

Sementara itu, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menyambut baik rencana ASI dan BEM SI Sumut dalam hal mengintensifkan digitalisasi di pasar. Kolaborasi ini diharapkan dapat menyentuh pasar di kalangan para milenial maupun mahasiswa.

“Kami menyambut baik rencana ini. Mudah-mudahan bisa lekas terealisasi,” tutur Suwarno. (ts04)