Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Beri Latihan Menempel Decoupage

393
Devita, selaku Fungsional Analis Kebijakan pada Bidang  Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Bidang Sosial, Ekonomi, Politik dan Hukum (PUG dan PP Bidang Sospol) dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara memberikan pelatihan menempel Decoupage (tisu bergambar) kepada pengunjung di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

tobasatu.com, Medan | Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara memberikan pelatihan menempel Decoupage (tisu bergambar) kepada pengunjung di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Selasa (11/7/2023).

Salah satu dompet anyaman terlihat semakin cantik setelah ditempel decoupage.

Selain teknik decoupage, juga digelar  games dengan konsep PUG (Pengarusutamaan Gender) dimana pesertanya adalah pengunjung.

Teknik Decoupage diperagakan  Devita, selaku Fungsional Analis Kebijakan pada Bidang  Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Bidang Sosial, Ekonomi, Politik dan Hukum (PUG dan PP Bidang Sospol).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara Dra. Hj. Manna Wasalwa Lubis, M.AP, melalui Devita menuturkan bahwa Decoupage adalah suatu seni menghias benda atau media dengan cara menempelkan potongan-potongan kertas atau kain ke permukaan benda.

Media yang digunakan pun biasanya bervariasi mulai dari kaleng, anyaman, kaca, kayu, kanvas, tas, dompet, nampan, botol, talenan, hiasan dinding, dan media lainnya,” tutur Devita.

Dalam kesempatan itu, Devita mempraktekkan menempel Decoupage di atas dompet anyaman.

Peralatan yang dibutuhkan antara lain kertas decoupage yang bisa dibeli secara online, lem dan pernis untuk mengkilapkan median yang telat ditempel decoupage.

“Untuk membuatnya harus telaten dan sabar agar menempel sempurna,” ujar Devita.

Dengan ditempel decoupage, dompet anyaman yang tadinya polos terlihat lebih menarik, dan memiliki nilai jual yang tinggi. 

Selama pameran pembangunan PRSU digelar mulai 16 Juni 2023, menurut Devita, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara menggelar berbagai kegiatan untuk menarik pengunjung diantaranya games, workshop tentang pemberdayaan perempuan bidang ekonomi dan menghias tempat tisu.

Selain di arena PRSU, menurut Devita, dia juga memiliki tempat workshop yang diberi nama Rumah Kreasi Kita, di kompleks Mako Busines Centre. (ts-02)

BACA JUGA  Persit KCK Cabang XI Kodim 0201/BS Gelar Pelatihan Decoupage