Serba Serbi PRSU ke-49, Gula Injit Tapteng Tarik Perhatian Pengunjung, Disebut Bisa Turunkan Kolestrol

101
Gula Injit produk unggulan UMKM dipamerkan di stand Pemkab Tapteng.

tobasatu.com, Medan | Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng) ikut bagian dalam pameran Pembangunan di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU). Salah satu produk yang menarik perhatian pengunjung adalah Gula Injit, salah satu produk unggulan UMKM Tapteng yang sudah dipasarkan hingga ke luar negeri.

Produk ini disebutkan memiliki banyak mafaat diantaranya mampu menurunkan kolestrol dan juga gula darah.

“Gula Injit, produk IKM Maju Bersama Desa Muara Ore Kecamatan Sirandorong, Tapteng (Tapanuli Tengah) merupakan salah satu produk unggulan Pemkab Tapteng,” ujar Kabag Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemkab Tapanuli Tengah, Sahala Sihotang di PRSU, Minggu (15/7/2023).

Menurut dia, Gula Injit dengan komposisi Nira Kelapa, Jahe Merah, Kunyit, Temulawak itu memiliki banyak manfaat mulai dari untuk terapi asma, kurang darah/anemia, meringankan batuk disertai demam, makanan awal bagi penderita typus, mengurangi kadar kolesteol, dan menurunkan gula darah.

Cara mengonsuminya pun mudah yakni hanya dengan menyeduh Gula Injit itu dengan air hangat.

“Banyaknya manfaat Gula Injit membuat penjualan produksi IKM Maju Bersama itu lumayan bagus, ” katanya.

Pemasaran hingga ke luar Sumut dan bahkan ke luar negeri dengan jumlah terbatas dan dibawa langsung.

Gula Injit produk IKM Maju Bersama itu sudah memiliki Sertifikat Halal. “Gula Injit juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Tapteng, ” katanya.

Gula Injit dengan kemasan 250 gram dijual Rp20. 000.

Sahala Sihotang menyebutkan, Pemkab Tapteng berupaya terus membantu mempromosikan produk UMKM seperti Gula Injit.

Produk- produk UMKM Tapteng terus diikutsertakan dalam berbagai pameran seperti PRSU.

Pemkab Tapteng juga membantu pengusaha UMKM mengembangkan usahanya dengan berbagai cara seperti mendorong agar pengusaha mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau memberikan pembinaan secara langsung.

Selain Gula Injit, produk unggulan UMKM Pemkab Tapteng adalah ikan asin, berbagai keripik dari pisang, hingga hiasan dari hasil laut.

“Pemkab Tapteng juga terus mempromosikan destinasi wisata berupa pulau-pulau seperti Pulau Kalimantung dan Pulau Mursala,” ujar Sahala Sihotang.(ts-02)