Penutupan PRSU Tahun 2023, Transaksi Capai Rp50 Miliar

387
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho menutup secara resmi pagelaran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2023 di Panggung Utama PRSU Jalan Gatot Subroto, Medan, Senin (17/7) malam.

tobasatu.com, Medan | Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi resmi menutup Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang digelar selama satu bulan penuh mulai 16 Juni dan berakhir Senin (17/7/2023) malam.

Tercatat, jumlah pengunjung PRSU mencapai 120 ribu orang dengan jumlah perputaran uang mencapai Rp50 miliar.

Penutupan dilakukan Gubsu diwakili Sekda Provsu Arief S Trinugroho. 

Menurut Arief, untuk terus menghidupkan area PRSU, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut)  berencana akan terus membuat kegiatan sepanjang tahun.  

“Ke depan kami bertekad menjadikan areal PRSU menjadi tempat berbagai event. Sepanjang tahun. Oleh karenanya seluruh Pemkab/Pemko diharapkan sungguh-sungguh mendayagunakan PRSU sehingga nantinya dapat menjadi miniatur Sumut,” kata Arief.

Berbagai kegiatan akan digelar sepanjang tahun. Mulai dari bazar UMKM, job fair, pameran BUMD dan BUMN, pagelaran penutup tahun 2023. Arief pun berjanji akan membenahi fasilitas PRSU agar terus lebih baik lagi.

Arief mengatakan, PRSU tahun ini disambut baik masyarakat. Hal itu disebabkan karena kerinduan masyarakat pada PRSU, setelah tidak hadir selama tiga tahun. Ia pun mengapresiasi sinergi yang dilakukan oleh setiap pihak, mulai dari Forkopimda Sumut, Pemkab/Pemko, pelaku usaha hingga sponsor.

“Inilah kolaborasi pegiat UMKM dan seni budaya, diharapkan dapat menggeliatkan perekonomian Sumut, melalui pesta rakyat ini kita bertekad bergandengan tangan berkolaborasi membangun Sumut,” kata Arief.

Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) Refli Yuner mengharapkan, paviliun kabupaten/kota untuk bisa dibuka setiap hari. Menurutnya paviliun kabupaten/kota yang berada di area PRSU terus hidup dan berkelanjutan. Untuk itu, Ia mengajak Pemkab/Pemko untuk membahas hal tersebut lebih lanjut.

Selain itu, Refli juga menyampaikan ada berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan. Mulai dari PRSU Idol, lomba mewarnai, fashion show, job fair, sunatan massal, pagelaran budaya, pameran UMKM, seminar, penampilan 16 artis nasional dan lainnya.

“PRSU terlaksana dengan baik, semarak dan kondusif,” kata Refli.

Penutupan PRSU 2023 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Sekdaprov Arief. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati/Walikota, Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Sumut. (ts-02)