Imigrasi Belawan ‘Jemput Bola’, Program Paspor Merdeka Disambut Antusias Warga

384

tobasatu.com, Belawan | Imigrasi Kelas II  TPI Belawan, mengadakan ‘jemput bola’ dengan menggelar layanan di Jalan AMD Lingkungan 22,Kelurahan Rengas Pulau,Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (22/7/2023). Program bertajuk “Paspor Merdeka” ternyata disambut antusias oleh warga.

Layanan easy pasport bagi disabilitas, balita, lansia dan para guru, dalam rangkaian memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Pelayanan bertajuk “Paspor Merdeka” ini dilaksanakan di halaman Kelenteng Pho To Kong.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II TPI Belawan, Ridha Sah Putra, menyebutkan sebanyak 150 pemohon paspor baru ataupun penggantian dilayani.

Salah satu program unggulan Kementerian Hukum dan HAM diharapkan dapat memudahkan masyarakat, sehingga bisa memanfaatkan waktu luang di luar jam kerja untuk mengurus dokumen paspor.

Dalam program Paspor Merdeka secara perdana di Indonesia ini, dijadwalkan akan berlangsung hingga akhir Agustus 2023 di luar jam kerja dengan berpindah lokasi. 

“Ini merupakan bukti komitmen Imigrasi Belawan, untuk melayani masyarakat khususnya dalam hal penerbitan dokumen perjalanan Republik Indonesia atau paspor secara kolektif tanpa adanya biaya tambahan,” kata Ridha. 

Dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan pengurus kelenteng juga menyiapkan fasilitas tempat pembayaran buku paspor, sesuai dengan tarif resmi PNBP seharga Rp350 ribu tanpa adanya tambahan biaya lainnya. (ts14)

BACA JUGA  Mondar-mandir Nunggu Pembeli, Dua Kurir Sabu Ditangkap