Dosen USU Pengabdian Masyarakat di Rumah Literasi Ranggi, Bahas “Smart Parenting”

365
Tim Pengabdian Dosen dari Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan kegiatan di Rumah Literasi Ranggi (RLR) di Desa Sampali Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, Minggu (3/11/2023).

tobasatu.com, Medan |  Tim Pengabdian Dosen dari Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan kegiatan di Rumah Literasi Ranggi (RLR) di Desa Sampali Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, Minggu (3/11/2023).

Pertemuan mengambil tema “Smart Parenting”.

Anggota tim diantaranya Dr. Harmona Daulay, M.Si dari Fakultas Ilmu Sosial dan dosen Fakultas Hukum  USdiU Dr. Detania Sukarja, SH., LLM.

Pengabdian masyarakat ini mengambil judul “Penguatan dan Pemberdayaan Smart Parenting di Komunitas untuk Mewujudkan Sensitivitas dan Keadilan Gender dalam Keluarga (Pendekatan Sosiologi dan Hukum)

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini juga dibantu oleh mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik juga dari Fakultas Hukum USU.

Kegiatan yang dilakukan ini dengan pelaksanaan  diskusi bedah kasus permasalahan parenting dimana seperti kita ketahui menjadi orang tua dimasa sekarang ini mempunyai banyak tantangan. 

Dari bedah kasus ini  para peserta yang hadir sangat bersemangat mengungkapkan berbagai tantangan dalam mendidik anak dari permasalahan pengaruh dari luar seperti media serta ungkapan  bagaimana melindungi anak dari keasyikan memainkan gadget, pengaruh teman yang tidak baik serta membahas hak-hak anak dalam hukum. 

Tim Pengabdian kepada Masyarakat juga memberikan sosialisasi bagaimana panduan menjadi orang tua yang berperspektif dan mempraktekkan keadilan gender antara suami dan istri juga wawasan mendidik yang setara  bagi anak laki-laki dan perempuan di dalam keluarga.  Selain itu juga dilakukan sosialisasi berkaitan dengan permasalahan aspek hukum dalam pengasuhan anak. 

Diharapkan dengan diskusi bedah kasus dan sosialisasi ini, maka akan  memberikan mereka wawasan dan kesadaran pada orang tua yang nantinya akan menjadi internalisasi nilai yang baik dalam pola pengasuhan bagi anak yang lebih ideal. 

Pelaksanaan acara ini dihadiri oleh para kaum ibu dan bapak, beberapa merupakan pasangan  suami dan istri  dengan jumlah  25 peserta dan 10 orang dari  tim pengabdian serta juga  panitia acara dari Rumah Literasi Ranggi.  

Ketua Rumah Literasi Ranggi, Ranggini,SE  dalam pengantar pidatonya mengucapkan terimakasih kepada tim kegiatan pengabdian masyarakat atas kerjasama ini. 

“Rumah Literasi Ranggi menyambut baik dan memberikan apresiasi kegiatan ini karena mendukung pada penguatan pengetahuan menjadi orang tua dan memberikan wawasan dalam peningkatan sensitivitas gender dan wawasan hukum bagi komunitas binaan komunitas Rumah Literasi Ranggi,” tutur Ranggini.

Diharapkan acara ini memberikan manfaat dan peningkatan kerjasama selanjutnya kedepan. 

Pelaksanaan acara dilakukan dengan penuh keakraban dengan menggunakan metode diskusi bedah kasus, ceramah dan tanya jawab. Sebagian besar peserta aktif bertanya, sehingga diskusi menjadi sangat efektif. 

“Alhamdulilah saya mengucapkan terimakasih kepada ibu Ranggini yang telah memberikan kesempatan untuk kerjasama dengan pihak USU untuk dan semoga kegiatan ini sampai akhir pelaksanan beberapa bulan kedepan akan berjalan lancar, efektif dan bermanfaat untuk masyarakat dalam konteks komunitas Rumah Literasi Ranggi,” tutur Dr. Harmona Daulay, M.Si. (ts-02)