Kadis LHK Sumut Apresiasi Program-program DPD LPM

158
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumatera Utara (Sumut), Yuliani Siregar saat menerima audiensi DPD LPM Sumut di kantor Dinas LHK Sumut Jalan Sisingamangaraja Km 5,5 No.14, Medan, Jumat (15/09/2203).

tobasatu.com, Medan | Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumatera Utara (Sumut), Yuliani Siregar mengapresiasi program Prodamas Darling DPD LPM Sumut. 

Hal itu diutarakan Yuliani Siregar saat menerima audiensi DPD LPM Sumut di kantor Dinas LHK Sumut Jalan Sisingamangaraja Km 5,5 No.14, Medan, Jumat (15/09/2203). 

“Saya sangat mengapresiasi program-program dari DPD LPM Sumut terkait lingkungan hidup. Kita tentunya sangat mendukung Program Pemberdayaan Masyarakat Sadar Lingkungan (PRODAMASDARLING),” ungkap Yuliani.

Yuliani juga berharap dengan adanya program ini dapat mengedukasi masyarakat di Sumut agar lebih menjaga kebersihan di lingkungannya.

“Semoga kita bisa terus berkolaborasi dalam menjalankan program-program tersebut,” tambah Yuliani.

Selain Prodamas Darling, Sekretaris DPD LPM Sumut, Indra Mada Ritonga juga memaparkan program bank sampah yang sudah dijalankan DPD LPM Sumut.

“Bank sampah juga merupakan program kita terkait lingkungan hidup. Bagaimana sampah yang ada, dikelola dengan baik dan benar, sehingga bukan hanya zero waste, tapi juga mendatangkan cuan,” jelas Indra Mada.

Di kesempatan yang sama, Indra Mada juga memberikan piagam berisi kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumut, Yuliani Siregar, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, Hj Nawal Lubis, Ketua DPD LPM Sumut, Rolel Harahap, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Ketua Umum LPM RI, Dr Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Kesepakatan bersama tersebut memuat tiga poin, antara lain : Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Tim Penggerak PPK Provinsi Sumatera Utara dan DPD, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Sumatera Utara sepakat untuk bekerjasama melaksanakan Program Pemberdayaan Masyarakat Sadar Lingkungan (PRODAMASDARLING) di Provinsi Sumatera Utara.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk secara bersama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota dan DPD LPM Kabupaten/Kota se Sumatera Utara untuk menyusun Rencana Aksi PRODAMASDARLING di Kabupaten/Kota masing-masing.

Berpedoman dengan Rencana Aksi PRODAMASDARLING Kabupaten/Kota,Tim Penggerak PKK Kecamatan bersama dengan DPC LPM Kecamatan serta Tim Penggerak PKK Desa/ Kelurahan /sebutan lain bersama dengan LPM Desa/Kelurahan/Sebutan lain melaksanakan PRODAMASDARLING dengan target terbentuknya kelompok sadar Lingkungan (POKDARLING) minimal 2 (Dua) POKDARLING di setiap Desa/Kelurahan/sebutan lain.

Audiensi tersebut turut dihadiri Fuad Putra Perdana Ginting S.Sos, M.lP (Ketua Tim PRODAMASDARLING) DPD LPM SUMUT, Alam Syah Putra (Sekretaris PRODAMASDARLING) DPD LPM SUMUT, M  Ridwan (Div. Penanggulangan Sampah), Hartopo (Div. Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan), Ovi Sinta Lora (Wakil Bendahara) dan satuan kerja bank sampah DPD LPM SUMUT. (rel/ts-02)