Posbindu Agar Masyarakat Cegah dan Deteksi Dini PTM

147

tobasatu.com, Medan | TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 0201/Medan bersama Dinkes Pemko Medan menggelar kegiatan penyuluhan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kantor Lurah Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Jumat (06/9/2023).

Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kegiatan penyuluhan yang dihadiri puluhan masyarakat tersebut, diharapkan dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor resiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan.

Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, beresiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Selain melakukan penyuluhan, Posbindu PTM ini juga melakukan pemeriksaan deteksi dini faktor resiko yang dilakukan dengan wawancara terarah melalui penggunaan instrumen atau formulir untuk mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular dalam keluarga yang telah diderita sebelumnya.

Pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, Indeks Massa Tubuh (IMT), analisa lemak tubuh, pemeriksaan tekanan darah.

Selanjutnya, pemeriksaan gula darah, kolesterol total, trigliserida, pengukuran arus puncak ekspirasi (APE) serta konseling. (ts04)

BACA JUGA  Kasad Pimpin Sertijab Pangdam I/BB