USAID IUWASH Tangguh Terima Penghargaan dari Dinkes Kota Medan

255
Regional Manager USAID IUWASH Tangguh  Zulfa Ermiza menerima piagam penghargaan dari Dinas Kesehatan Kota Medan. Piagam diserahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan . Taufik Ririansyah, M.K.M.

tobasatu.com, Medan | USAID IUWASH Tangguh Sumatera Utara menerima piagam penghargaan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan.

Penghargaan ini diberikan atas dukungan, kerjasama dan partisipasi USAID IUWASH Tangguh dalam kegiatan Dinas Kesehatan Kota Medan.

Penyerahan piagam dilakukan pada puncak Acara Hari Kesehatan Kota Medan bertema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”, yang diterima Regional Manager USAID IUWASH Tangguh  Zulfa Ermiza, di halaman Kantor Dinkes Kota Medan, Kamis (23/11/2023).

“Dinas Kesehatan Kota Medan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penguatan sistem kesehatan di berbagai sektor sehingga meningkatkan derajat kesehatan Kota Medan khususnya, “ ujar dr. Taufik Ririansyah, M.K.M, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dalam kata sambutannya. 

Kota Medan adalah wilayah dampingan USAID IUWASH Tangguh selain Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun di Sumatera Utara. 

USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (USAID IUWASH Tangguh) adalah Kegiatan lima tahun untuk memajukan tujuan pembangunan Indonesia dalam meningkatkan akses ke air minum, sanitasi dan higiene (WASH) yang dikelola dengan aman di daerah perkotaan yang rentan dan memperkuat ketahanan iklim layanan air minum dan sanitasi dan pengelolaan sumber daya air. Dalam kemitraan yang erat dengan Pemerintah Indonesia, USAID IUWASH Tangguh mendukung upaya Indonesia untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk memastikan akses ke air dan sanitasi untuk semua (SDG 6) dan untuk membuat kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan (SDG 11).

USAID IUWASH Tangguh memasuki Tahun Program ke-3 ini telah mendampingi dua kelurahan di Kota Medan yaitu Gaharu dan Titi Papan. USAID IUWASH Tangguh telah memfasilitasi masyarakat di dua kelurahan tersebut untuk melakukan pengkajian partisipatif dan pemicuan, rembuk warga, dan menyusun rencana kerja masyarakat yang inklusif serta melaksanakan promosi Cuci Tangan Pakai Sabun bagi siswa sekolah dasar di tiga SDN bersama TP PKK Kelurahan Gaharu. 

BACA JUGA  Media Gathering di Medan, USAID IUWASH Tangguh Ajak Wartawan Lihat Proses Pengolahan Air di IPAM Sunggal

USAID IUWASH Tangguh mengajak mitra dampingan dan warga masyarakat untuk berperan aktif meningkatkan akses kepada air minum dan sanitasi aman serta mengelola sumber daya air dan melakukan perubahan perilaku higiene menuju kabupaten/kota yang tangguh. (ts-02)