PWI Kecewa Prabowo Batal Hadiri Undangan Dialog Pers

250
Logo PWI

tobasatu.com, Jakarta | Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kecewa atas ketidakhadiran Calon Presiden Prabowo Subianto menghadiri acara Dialog Capres dengan Pers. 

Pihak Ketua Komunikasi Tim Pemenangan Nasional Pasangan Calon Nomor 2, Budi Satrio Djiwandono sempat, menjanjikan Prabowo akan hadir ke acara yang digelar di kantor pusat PWI di Gedung Dewan Pers, Jakarta, pada hari ini, Jumat (29/12/2023).

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun dan segenap Pengurus PWI Pusat dan Pengurus PWI Provinsi  kecewa  karena PWI telah mempersiapkan seluruh aspek teknis untuk acara tersebut.

Sebelumnya, Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo memenuhi undangan tersebut pada Kamis, 30 November 2023 dan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan hadir di PWI Pusat sehari setelahnya, pada Jumat, 1 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar dan Anies menyampaikan visi, misi dan program unggulannya kepada PWI dan awak media nasional.  Format acara hybrid itu juga diikuti secara daring oleh 38 pengurus cabang (provinsi) dan cabang khusus Solo. 

Sebagaimana disampaikan dalam surat undangan resmi PWI Pusat kepada Tiga Calon Presiden tertanggal 6 November 2023 lalu, penyampaian visi misi diharapkan dilakukan antara tanggal 28 November-10 Desember 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari menjelang Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2024 yang bakal diadakan di Jakarta dengan tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa”. 

PWI sebagai organisasi tertua (Lahir 9 Februari 1946 di Solo) dan terbesar di Tanah Air dengan anggota 20.000 lebih tersebar di 38 Provinsi dan cabang khusus Solo ingin menjadikan event pra HPN ini sebagai bentuk partisipasi media sebagai pilar keempat demokrasi.

Pembatalan kehadiran Prabowo disampaikan Budi Djiwandono, pada Kamis malam (28/12/2023). 

BACA JUGA  PN Jakarta Pusat Terima Berkas Gugatan Ilham Bintang Terkait Kasus Pembobolan Rekening

“Mudah-mudahan komunikasi dengan TKN Prabowo-Gibran dapat berjalan dengan baik. Sehingga masing-masing pihak memperoleh manfaat yang pada akhirnya berguna untuk masyarakat pada umumnya, khususnya terkait dengan pemilihan Presiden dan legislatif. Sebagaimana sudah terjalin dengan TKN Capres Ganjar Pranowo dan TKN Capres Anies Baswedan,” ujar Hendry Ch Bangun.

Acara Road To HPN ini memiliki format dimana Capres dalam 15 menit pertama menjawab lima pertanyaan terkait dengan penguatan nilai-nilai demokrasi, penghormatan konstitusi, tata pengelolaan pemerintah yang baik dan konstitusi, komitmen terhadap pemberantasan korupsi dan nepotisme serta komitmen terhadap kemerdekaan pers dan kemerdekaan berekspresi.

Berikutnya kesempatan  diberikan kepada tiga sampai empat tokoh pers  yang hadir untuk menyampaikan pertanyaan dan diikuti oleh tiga sampai empat  Ketua PWI Provinsi  melalui aplikasi  zoom.

TPN Paslon 2, dalam surat tertulis ke PWI hari ini menjanjikan Prabowo akan hadir memenuhi undangan PWI pada 4 Januari 2024.

“Bapak Prabowo Subianto akan hadir ke PWI pada tanggal 4 Januari 2024 dalam acara berformat silaturahmi,” demikian surat yang diteken Ketua Koordinator Strategis Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Nusron Wahid .

PWI memberlakukan format acara yang sama kepada semua capres, termasuk peliputan terbuka oleh awak media. (ts-02)