Ribuan Masyarakat Meriahkan ‘Fun Run 5K’ Road to PON XXI Sumut – Aceh

224
Pj Gubernur Sumut Hassanudin pada acara Road to PON XXI 2024 Aceh-Sumut di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Medan, Minggu (25/2/2024).

tobasatu.com, Medan | Pj Gubernur Sumut Hassanudin bersama ribuan masyarakat mengikuti ‘Fun Run 5K’ sebagai pertanda hitung mundur pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut – Aceh yang akan digelar dalam waktu 196 hari ke depan.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Benteng Medan pada Minggu (25/2/2024) pagi itu banjir hadiah diantaranya sepeda motor, sepeda listrik dan sepeda gunung.

Kepada wartawan, Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyatakan pihaknya berharap agar pelaksanaan PON 2024 berlangsung sukses dan lancar.

“Harapan kita bukan hanya tiga sukses tapi lima sukses ya. Saat ini kita hitung mundur, ada 196 hari lagi, terhitung hari ini 25 Februari 2024. Apa yang diharapkan dari KONI Pusat bawah kita harus siap menyelenggarakan PON. Persiapan saat ini masih on the track, sampai sekarang kami sedang menyempurnakan perencanaan secara keseluruhan. Kita harap ini tepat waktunya dan tidak ada kendala,” kata Hassanudin.

Untuk mencapai lima sukses, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pelaporan administrasi, sukses ekonomi rakyat, dan sukses pemberdayaan sarana dan prasarana PON, menurut Hassanudin, Pemprov sudah melakukan berbagai persiapan dan evaluasi, mulai dari venue, persiapan para atlet, para pelaku UKM, dan lainnya. 

“Kita tancap gas, apapun yang bisa dimainkan, mainkan” ujarnya.

Hasanudin menyampaikan, ini adalah pelaksanaan PON pertama kalinya yang diselenggarakan di dua provinsi. Maka itu Pemprov Sumut terus berkoordinasi dengan Provinsi Aceh, demi terwujudnya pencapaian lima sukses pada pelaksanaan PON 2024 yang diselenggarakan pada 8-20 September 2024 dan diikuti 38 provinsi se-Indonesia.

 “Kami terus berkoordinasi dengan Provinsi Aceh. Mereka (Aceh -red) juga sedang melakukan persiapan dan penyempurnaan semua perencanaan penyelenggaraan PON,” ucapnya.

BACA JUGA  PB PON Wilayah Sumut Rasionalisasi Kebutuhan Anggaran PON XXI

Sebelumnya, Pj Gubernur Sumut bersama Wakil 1 Ketua Umum KONI Suwarno, Sekda Sumut Arief Trinugroho, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, serta pimpinan Organisasi Perangkat Darah (OPD) Sumut melaksanakan Fun Run 5K. Kemudian Hassanudin dan Suwarno mengundi nomor peserta Fun Run 5K berhadiah sepeda motor.

Hassanudin juga mengajak seluruh masyarakat Sumut untuk bersama menjaga amanah, bahwa Provinsi Sumut menjadi tuan rumah pelaksanaan PON 2024. 

Sementara itu, Wakil 1 Ketua  Umum KONI Suwarno bercerita kepada para peserta yang mayoritas anak muda. PON pertama kali dilaksanakan di Kota Solo tahun 1948, dikala itu Belanda dan Sekutu datang untuk menjajah kembali Indonesia.

Setelah di Kota Solo, lanjut Suwarno, pelaksanaan PON kedua di Jakarta tahun 1950. Kemudian, tidak adalagi provisi yang siap sebagai penyelenggara PON pada tahun 1953, kecuali Provinsi Sumut. 

“Jadi Tahun 1953 Sumut itu sudah hebat, sama seperti yel-yelnya saat ini, Sumut Hebat,” katanya bersemangat.

Suwarno berharap pelaksanaan PON di Sumut berjalan dengan baik. 

PON 2024 akan dibuka di Provinsi Aceh pada 8 September 2024 dan ditutup di Provinsi Sumut pada 20 September 2024 di Desa Sena.”Marilah kita fokus dan jadikan PON sebagai alat pemersatu bangsa,” ujarnya. (ts-02)