Masjid di Pesisir Pantai Medan, Memiliki Kubah Berbentuk Al-Quran

452

tobasatu.com, Belawan | Jika di kota Mekah terdapat gerbang berbentuk Al-Quran, di di pesisr pantai Medan utara, tepatnya di Kecamatan Medan Belawan, ada masjid unik dan megah, yang kubahnya berbentuk Al – Qur’an di atas rehal.

Keindahan Masjid Al Munawwarah di kawasan pesisir kota Medan ini, menjadi monumen di gerbang pintu masuk Pelabuhan Belawan.

Masjid yang berada di kompleks Pelabuhan Indonesia Regional 1, yang baru selesai pembangunannya Juli 2020.

Selain berbentuk Al-Quran, setiap sisi kubah masjid ini juga dihiasi dengan ayat Al-Quran seperti arah kiblat bertuliskan ayat kursi dan sisi lainnya bertuliskan surah Ali Imran ayat 110/tentang amar ma’ruf nahi munkar sebagai tujuan hidup.

Di bagian luar bangunan masjid, juga dihiasi dengan tulisan 25 nama nabi dan rasul yang membuat masjid ini semakin indah.

Ketua Pusat Pengembangan Dakwah Islam Masjid Al Munawwarah, Helmi Manurung menjelaskan, Masjid Al Munawarah  yang memiliki luas 280 meter persegi, dapat menampung sekitar 2.200 jamaah. Selain terinspirasi dari pintu gerbang kota mekah, masjid ini juga dihiasi dengan corak khas melayu kota Medan, di bagian pintu utama.

Dijelaskannya, masuk ke masjid terdapat tempat wudhu dan kamar mandi di lantai satu. Lalu aula dan perpustakaan. Sementara ruang sholat berada di lantai dua, dengan mimbar senada berbentuk Alqur’an serta susunan sifat Allah SWT atau asma’ul husna.

Helmi melanjutkan, selama bulan suci ramadhan, Masjid Al Munawwarah ini digunakan untuk pengajian rutin setiap harinya, pemberian takjil, sembako, hingga santunan lebaran untuk anak yatim piatu. (ts14)

BACA JUGA  Jamaah Masjid Miftahul Jannah Apresiasi Program Menyapa Subuh Kapolrestabes Medan