Legislator Sebut Penangkapan Jukir Pinggir Jalan Tak Selesaikan Masalah

25
berita medan parkir liar parkir ilegal tobasatu
Ilustrasi parkir ilegal.

tobasatu.com, Medan | Anggota DPRD Kota Medan Wong Chun Sen menilai penertiban petugas juru parkir (Jukir) di Kota Medan seperti yang terjadi di Jalan Yos Sudarso, Minggu (21/4/2024) tidak menyelesaikan masalah.

Para jukir ini ditertibkan karena dianggap ilegal karena tidak menggunakan mesin e-parking. Oleh petugas gabungan terdiri dari aparat Kepolisian dari Polrestabes Medan dan Dinas Perhubungan Kota Meda, para jukir ini kemudian diangkut ke Mapolrestabes Medan.

Menurut Wong Chun Sen, upaya penertiban yang dilakukan dengan alasan jukir tidak mampu menunjukkan mesin e-parking akan ditangkap dan ditertibkan bukanlah menyelesaikan masalah.

Dijelaskannya, dihadapan petugas Dishub dan pihak kepolisian bahwa penangkapan terhadap para Jukir adalah sepihak.

“Mereka (para jukir) seharusnya hanya dinasehati dan diambil id-card nya, selanjutnya pihak pemberi kerja dipanggil oleh Dishub agar tidak lagi mempekerjakan anggota mereka jika tidak memakai mesin e-parking,” ujarnya sembari meminta agar jukir yang ditertibkan di sepanjang Jalan Yos Sudarso di bebaskan saja.

Ditambah politisi dari Partai PDI Perjuangan Kota Medan ini lagi, Pemko Kota Medan seharusnya mempersiapkan sarana dan prasarana sebelum menerapkan e-parking di lokasi yang ditentukan.

“Kalau untuk peningkatan PAD dari sektor parkir kita mendukung namun jangan ini dijadikan alasan sehingga PAD tidak tercapai. Jukir hanya bekerja dan ada setoran kepada pihak pemberi kerja atau perusahaan lalu pihak perusahaan ada setor ke Dishub, nah kita juga tahu selama ini ada ketidak beresan terkait pengelola perparkiran dan dishub. Jadi jangan dijadikan jukir salah satu penyebab tidak teecapainya PAD, “sebutnya

Yasin Harahap (47), warga Kelurahan Brayan Kota Kecamatan Medan Barat mengaku seorang petugas Dishub meminta identitas jukir miliknya dan mengatakan identitas nya palsu dan menyuruh menunjukkan mesin e-parking.

BACA JUGA  Sidak e-Parking di Jalan Setiabudi Medan, Bobby Temukan Pengutipan Parkir Secara Manual

“Karena saya tidak bisa menunjukan mesin e-parking selanjutnya, petugas polisi mengangkut saya ke mobil patroli mau dibawa ke Polrestabes Medan, “ujarnya sedih.

Namun, kata Yasin saat hendak dibawa, anggota DPRD Kota Medan Wong Chun Sen kebetulan melintas di Jalan Yos Sudarso tepat di lokasi penangkapan dia dan jukir lainnya.

“Pak Wong Chun Sen langsung meminta kepada Polisi agar kami jangan dibawa karena tidak ada salah. Kalau hanya membina kata pak Wong, cukup dinasehati dan diambil identitas parkir dan perusahaan pemberi kerja dipanggil, “sebutnya.(ts-02)