Usai Lebaran, Pasien RSUD Dr Pirngadi Meningkat

155
RSUD dr.Pirngadi Medan.

tobasatu.com, Medan | Pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, pasien RSUD Dr Pirngadi Medan mengalami peningkatan per harinya. Hal ini dinilai karena pola makan yang berubah usai melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Hal ini disampaikan Kasubag Hukum & Humas RSUD Dr Pirngadi Medan Gibson Girsang kepada wartawan, Senin (29/4). Disampaikannya, pasien yang datang ke rumah sakit milik Pemko Medan ini sebelum Idul Fitri sebanyak 200-an orang sebagai pasien rawat jalan, dan sekitar 80-an orang sebagai pasien rawat inap per harinya.

Sedangkan jumlah pasien usai Idul Fitri, mencapai 314 orang sebagai pasien rawat jalan, sedangkan rawat inap 95 orang per harinya. 

“Jumlah itu terhitung dari tanggal 16 sampai 25 April 2024, 314 orang rawat jalan dan 95 rawat inap. Diagnosa pasien bagi rawat inap antara lain menderita Demam Typoid, GE dan Dispepsia,” sebutnya.

Gibson tak menampik bahwa rata-rata pasien yang masuk ke RS Pirngadi Medan akibat salah makan pasca menjalani ibadah puasa, seperti makan makanan yang pedas dan juga minuman yang asam.

Gibson juga menyebutkan, sebagian besar pasien dirawat menggunakan progran Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan dan sebagian lagi pasien umum. (ts-20)