Ambil Formulir ke PDIP dan PAN, Akademisi Ramdeswati Pohan Daftar Calon Wakil Bupati Batubara

232
Akademisi Dr.Ramdeswati Pohan MSP mengambil formulir pendaftaran sebagai Calon Wakil Bupati Batubara ke PDIP, Kamis (2/5/2024). Di hari yang sama Ramdeswati Pohan juga mengambil formulir ke PAN.

tobasatu.com, Batubara | Pilkada Kabupaten Deliserdang bakal diramaikan dengan munculnya nama Dr.Ramdeswati Pohan MSP sebagai calon Wakil Bupati.

Putri asli Batubara yang memiliki latar belakang akademisi ini telah mengambil formulir pendaftaran ke Partai PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN), Kamis (2/5/2025).

Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatera Utara selama dua periode 2014-2022 ini menuturkan, motivasinya untuk maju menjadi Wakil Bupati Batubara karena ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat di Batubara.

Ramdeswati mengatakan, Kabupaten Batubara memiliki potensi daerah yang luar biasa dengan keberadaan sejumlah perusahaan besar seperti perusahaan minyak,  kawasan ekonomi khusus Sei Mangke, Pelindo, Inalum, perkebunan sawit, pertanian, perikanan dan lainnya.  

Ramdeswati Pohan yang akrab disapa Desi Pohan ini juga memaparkan dengan potensi sumber daya alam dan manusia yang besar itu seharusnya masyarakat Batubara sejahtera. Namun data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara menyebutkan angka pengangguran terbuka di tahun 2023 mencapai 6%. 

Angka ini berada di atas angka pengangguran terbuka di Sumatera Utara yaitu 5,8%. 

“Jadi kita melihat persentase pengangguran ini cukup tinggi. Sementara melihat potensi yang ada, selain keberadaan Perusahan berskala Nasional dan Internasional, sektor pertanian dan perkebunan serta kelautan juga sangat luar biasa, aneh rasanya jika tingkat pengangguran masih tinggi,” ujarnya.

Melihat potensi tersebut lanjutnya, banyak peluang yang bisa dikembangkan melalui produk atau sumber daya alam  di wilayah guna membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat mendaftar dan mengembalikan formulir di Partai PDI Perjuangan Batubara, Ramdeswati Pohan diterima  Ketua Tim Penjaringan Pilkada, Abdullah Sembiring bersama Sekretaris DPC PDIP Perjuangan Batubara, Jalasmar Sitinjak.

Jalasmar Sitinjak mengatakan sejak pendaftaran Bupati dan Wakil Bupati dibuka 16 April, hingga  2 Mei 2024, sudah ada lima yang mengambil formulir calon bupati/wakil bupati Batu Bara melalui PDI Perjuangan Batubara.

BACA JUGA  36 Peserta Lulus Tes Potensi Calon Anggota KIP Sumut

“Yang mengembalikan belum ada, yang sudah mengambil formulir 5, ada yang mau bupati, dan wakil,” ujarnya.

Ia juga menambahkan untuk penjaringan calon bupati/wakil bupati ini pihaknya hanya menyampaikan usulan. Sebab keputusan tetap berada di tangan Dewan Pengurus Pusat. 

Sementara pendaftaran bupati/wakil bupati ini, para calon juga bisa melalui Dewan Pengurus Daerah Provinsi maupun Dewan Pengurus Pusat. 

Selain mendaftar di PDI Perjuangan, Desi Pohan juga mengambil formulir pendaftaran bupati/wakil bupati di PAN Batu Bara yang diterima dan disambut Ketua Tim Pilkada PAN Batubara, Khairul CH, bersama Sekretaris PAN Batu Bara, Romi Lubis.

Khairul CH menyebutkan sejak membuka pendaftaran calon bupati/wakil bupati 17 April 2024, sejauh ini ada 7 yang mendaftar dan mengambil formulir.

Dari tujuh calon ini sebutnya, Desi Pohan menjadi satu-satunya perempuan. Untuk pendaftaran ini, dilakukan secara berjenjang, Sebab DPP tidak menerima pendaftaran dari atas, semua dari bawah.

DPD PAN tambahnya diamanahkan untuk menerima pendaftaran secara terbuka baik kader dan non partai. Melakukan penjaringan, evaluasi, survei terhadap tokoh-tokoh yang mendaftar. 

PAN imbuhnya, akan mengusung calon yang memiliki peluang menang. Melalui survei popularitas tokoh di masyarakat , namun dalam penetapan tetap menjadi wewenang DPP PAN. (ts-02)