Hardiknas di Medan, Plh Sekda : Program Merdeka Belajar Jadi Tantangan Bagi Dunia Pendidikan

178
Plh Sekda Kota Medan Benny Sinomba Siregar memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar di UPT SMPN 1 Medan, Kamis (2/5/2024).

tobasatu.com, Medan | Plh Sekda Kota Medan Benny Sinomba Siregar memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar di UPT SMPN 1 Medan, Kamis (2/5/2024).

Saat membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim, Plh Sekda, Benny Sinomba Siregar menyatakan, lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan di Kemendikbudristek.

Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar, kata Benny, semakin menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” kata Benny.

Dikatakan Benny, ketika langkah mulai serempak, Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan, imbuhnya, mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis. Di saat yang sama, lanjutnya, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

“Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” ujarnya.

Usai pelaksanaan upacara, Peringatan Hardiknas tingkat Kota Medan dimeriahkan dengan penampilan tarian Multietnis dan Sigale-gale yang dibawakan pelajar SMPN 1 Medan. (ts-02)

BACA JUGA  Melalui Gebyar dan Expo Pendidikan 2022, Bobby Nasution Harap Kota Medan Wujudkan Program Merdeka Belajar