Nobar Indonesia vs Irak Membludak, Ribuan Warga Padati Halaman Kantor Wali Kota Medan

172
Acara Nonton Bareng (Nobar) Piala Asia U-23 yang digelar Wali Kota Medan, Kamis (2/5/2024) membludak dan dipadati ribuan warga Kota Medan.

tobasatu.com, Medan | Acara nonton bareng (Nobar) Piala Asia U-23 yang menampilkan laga Indonesia vs Iran mendapat antusias warga Kota Medan, Kamis (2/5/2024) malam.

Ribuan warga memadati halaman kantor Wali Kota Medan untuk menyaksikan perebutan  peringkat ketiga Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia Vs Irak yang digelar Wali Kota Medan Bobby Nasution, di halaman Gedung Balaikota Medan.

Penonton juga menyebar hingga ke badan Jalan Raden Saleh hingga mendekati Hotel Aston yang berada persis di sebelah Kantor Wali Kota Medan.

Nobar Piala Asia U-23 ini kali kedua digelar Bobby Nasution, dimana sebelumnya Nobar juga dilakukan di kawasan Kesawan yakni pertandingan semifinal Indonesia Vs Uzbekistan. Kegiatan ini dilakukan Bobby Nasution dikarenakan tingginya animo warga kota Medan dalam mendukung Timnas Indonesia di Piala Asia U-23.

Sebelum kick off laga Timnas U-23 Indonesia Vs Irak dimulai, warga sudah banyak yang berdatangan. Laki-laki maupun perempuan semua membaur mendukung Garuda Muda lewat videotron besar yang dipasang oleh Pemko Medan. Selain di halaman kantor Wali Kota, dua Videotron juga dipasang di jalan Kapten Maulana Lubis (jembatan) dan di Jalan Raden Saleh.

Ahmad salah seorang warga yang datang ke lokasi untuk ikut merasakan euforia Nobar Piala Asia U-23 mengaku sangat senang digelarnya Nobar oleh bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution. Menurutnya dengan nobar ini warga kota Medan menunjukkan antusiasme dalam mendukung Timnas Indonesia berlaga di piala Asia U-23 dengan memperebutkan peringkat ketiga.

“Saya senang adanya Nobar yang digelar pak Bobby Nasution, ramainya warga yang ikut nobar menunjukkan antusiasme dalam mendukung Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia “, jelasnya.

Diakui Ahmad, ini kali pertamanya dirinya ikut Nobar Piala Asia U-23. Karena melihat ramainya warga yang ikut nobar di kawasan Kesawan kemarin, dirinya tergugah bersama teman-temannya datang guna merasakan euforia Nobar yang digelar Pemko Medan ini.

Dalam pertandingan, Timnas U-23 Indonesia harus mengakui kemenangan Irak dengan skor 1-2. Meskipun gagal meraih peringkat ketiga namun Garuda Muda sempat unggul 1 -0 di awal pertandingan melalui tendangan Ivar Jenner. Selang beberapa menit Irak mampu menciptakan gol dari situasi bola mati lewat tandukan  Zaid Tahseen di mulut gawang. Wasit Majed Al-Shamrani (Arab Saudi) sempat meminta pengecekan VAR, tetapi gol tetap sah. Skor 1-1 sampai berakhir babak pertama.

 

Di babak kedua, Timnas U-23 Indonesia dan Irak saling serang, namun tidak ada gol yang tercipta, sehingga Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit. Saat Babak perpanjangan waktu dimulai, Irak tidak berhenti menyerang, akhirnya di menit 96 mencetak gol lewat Ali Jassim.

Timnas U23 Indonesia kehabisan tenaga untuk menyamakan kedudukan. Masuknya Ramadhan Sananta dan Ikhsan Nur Zikrak tidak cukup membantu Garuda Muda. Sehingga  Garuda muda harus menerima kekalahan dengan Skor akhir tetap 1-2. Meskipun tidak dapat meraih peringkat ketiga, Timnas U-23 Indonesia masih memiliki kesempatan untuk  tampil di Olimpiade dengan pertandingan playoff AFC-CAF melawan Guinea.

Sementara itu Kasat Pol PP Rakhmat Harahap mengungkapkan Nobar yang berlangsung di Halaman Kantor Wali Kota berjalan dengan kondusif, hal ini dikarenakan para penonton juga menunjukkan sikap yang persuasif. Menurutnya guna menjaga jalannya nobar petugas telah disiagakan di setiap sudut. (ts-02)