Peran Serta Masyarakat Sangat Penting dalam Pembentukan Perda

28
Gedung DPRD Medan. (foto: tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Medan | Fraksi Demokrat DPRD Medan menilai peran serta masyarakat sangat penting dalam pembentukan suatu Peraturan Daerah (Perda).

Ke depan, peran serta atau kontribusi pemikiran masyarakat dalam menghasilkan sebuah produk hukum Ranperda perlu lebih dimaksimalkan.

Hal itu disampaikan Dodi Robert Simangunsong SH dari Fraksi Demokrat saat memberikan tanggapan Fraksinya atas Ranperda Kota Medan terhadap penjelasan pengusul DPRD Kota Medan tentang tata cara penyusunan program pembentukan Perda dalam rapat paripurna di gedung dewan, Senin (13/5/2024).

Masih menurut Bendahara Fraksi DPRD Medan Dodi Robet Simangunaong yang saat ini lolos kembali di DPRD Medan periode 2024-2029 ini. Fraksi Demokrat telah menelaah Ranperda tentang tata cara penyusunan program pembentukan peraturan daerah yang diusulkan. “Untuk itu kami mengusulkan agar pada pasal 5 ayat 2  yang terkait dengan ranperda, agar dilampiri dengan penjelasan, naskah akademik yang lebih spesifik lagi,” tandasnya.

Bahkan, sesuai setiap dalam pembentukan Perda, perencanaan merupakan salah satu tahapan yang sangat penting untuk menghasilkan Perda yang baik. Maka harus mempedomani Undang-Udang No 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan. Sehingga terhindar produk hukum yang tumpang tindih. Bapemperda DPRD Kota Medan pada tanggal 22 April 2024 lalu.

Nantinya, Perda yang disahkan mampu untuk menjadi transformasi sosial dan demokrasi di daerah. Sehingga perubahan yang sangat cepat dan tantangan di era ekonomi dan digitalisasi mampu menjawab perubahan yang ada, agar tantangan pembangunan yang berkelanjutan serta tata kelola pemerintahan yang baik dapat terwujud. (ts-02)

BACA JUGA  Fraksi Demokrat Berharap Pemko Medan Beri Ruang untuk UMKM