Bawaslu Sumut Gelar Rapat Konsolidasi Pengelolaan dan Pelayanan Data Pemilu

209
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara melakukan rapat konsolidasi terkait pengelolaan dan pelayanan data dan informasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, di Hotel Grand Antares, Jumat (17/5/2024).

tobasatu.com, Medan | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara melakukan rapat konsolidasi terkait pengelolaan dan pelayanan data dan informasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, di Hotel Grand Antares, Jumat (17/5/2024).

Rapat konsolidasi ini dilakukan sehubungan telah berakhirnya Tahapan Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2024 yang keseluruhan prosesnya menjadi data.

Acara yang digelar pada tanggal 17 – 19 Mei 2024 itu dibuka oleh Koordinator Divisi Humas Datin Saut Boangmanalu yang dalam sambutannya menegaskan sesungguhnya Data dan Informasi (Datin) itu merupakan kata kunci yang bisa digunakan untuk memperkuat lembaga khususnya dalam menghadapi pilkada.

“Bagaimana mengelola dan melakukan pendataan yang menjadi asset dapat diakses kapan saja dengan mudah dan ini  akan dilakukan kedepannya, ujar Saut.

Menurut Saut, ada beberapa hal tujuan dari kegiatan ini diantaranya pendataan dan pengolaan data dan informasi yang nantinya akan dijadikan basis data untuk Kabupaten/Kota pada setiap tahapan dan akan disusun konsepnya bagaimana bentuk dan penyimpanan data tersebut.

Selanjutnya, memberikan pelayanan kebutuhan data dan informasi kepada publik, media, stackholder terkait penguatan-penguatan gerakan Bawaslu kedepan. Ketiga, pengelolaan data untuk membangun citra positif lembaga.

Harapannya, terkait penyimpanan data akan dipersiapkan anggarannya, bagaimanna sistem pengelolaan akan sebagai sumber program.

Adapun narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Hisar Siregar, SH. MH, Syafrida R Rasahan, Artur Simanungkalit dan Halimatussakdiah, diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. (ts-02)

BACA JUGA  681 TPS  di Sumut Belum Miliki Pengawas, Bawaslu : Akibat Minim Pendaftar