Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Sumut Kunjungi Kelurahan Belawan Sicanang

145
Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara melakukan penilaian di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Senin (3/6/2024). Tim diterima Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu.

tobasatu.com, Medan | Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara melakukan penilaian di Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Senin (3/6/2024). Tim diterima Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu.

Penilaian dilakukan untuk melihat aktivitas inovasi pelayanan yang dilakukan. Diharapkan, kehadiran tim penilai semakin memotivasi Kelurahan Belawan Sicanang untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, Bobby Nasution langsung mengulosi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara Parlindungan Pane selaku Ketua Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Sumut.

Dalam sambutannya, Bobby Nasution sangat mengapresiasi atas kedatangan tim penilai tersebut. Sebab, memotivasi Kelurahan Belawan Sicanang sebagai organisasi Pemko Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk memberikan inovasi dan solusi dari persoalan-persoalan yang terjadi di wilayahnya.

“Apa yang dilakukan Kelurahan Belawan Sicanang ini sangat luar biasa, tidak hanya inovasi saja yang diberikan kepada masyarakat, tapi juga langsung mengajak masyarakatnya untuk terlibat dalam menjalankan inovasi tersebut. Sebagai contoh persoalan stunting, Kelurahan Belawan Sicanang ini memberikan solutifnya,” kata Bobby Nasution.

Dikatakan Bobby Nasution penurunan stunting yang sangat luar biasa di Kota Medan, jelas Bobby Nasution, salah satu penyumbangnya adalah Kelurahan Belawan Sicanang. Diungkapkannya, angka prevalensi stunting di Kota Medan pada tahun 2021 sebesar 19,9 persen kini turun menjadi 5,8 persen. “Salah satu penyumbang penurunan angka prevalensi ini adalah Kelurahan Belawan Sicanang melalui inovasi yang dilakukan,” ungkapnya.

Tidak itu saja, kata Bobby Nasution, upaya pemulihan yang dilakukan Kelurahan Belawan Sicanang untuk memulihkan perekonomian di wilayahnya pasca Covid-19 juga sangat luar biasa melalui sejumlah inovasi yang dilakukan dibantu perangkat daerah terkait serta berkolaborasi dengan stakeholder.

BACA JUGA  Amblasnya Jembatan Titi Dua Sicanang Bukti Kelalaian Dinas PU Medan

“Hal ini menunjukkan Kelurahan Belawan Sicanang mampu menyelesaikan persoalan yang ada diwilayahnya. Ditambah lagi dalam menyelesaikan persoalan yang ada, masyarakat dilibatkan langsung, termasuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk serta didukung aparat TNI/Polri melalui Babinsa dan Babinkamtibmasnya,” ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, Bobby Nasution juga menyampaikan aspirasi masyarakat sekitar kepada Parlindungan Pane yang menginginkan didirikannya sekolah untuk Tingkat SMA di Belawan Sicanang tersebut. Apalagi, ungkapnya, ada lahan kosong yang cukup luas milik Pemerintah Provsu di depan Kantor Kelurahan Belawan Sicanang.

Sementara itu Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara  Parlindungan Pane selaku Ketua Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Sumut mengungkapkan, dalam melakukan penilaian, tim melibatkan unsur dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut, Inspektorat, Bappeda, Biro Pemerintahan, Dinas PMD dan Dukcapil, BKKBN serta akademisi. (ts-02)