Mahasiswa UNPAB Magang di JNE, Pelajari Tentang Perilaku Konsumen dan Kepuasan Pelanggan

155
Sebagai bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) melakukan Magang di PT JNE Cabang Utama Medan.

tobasatu.com, Medan | Sebagai bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi  (UNPAB) melakukan Magang di PT JNE Cabang Utama Medan.

Magang dilakukan selama tiga bulan mulai dari tanggal 20 November sampai dengan 16 Februari 2024 di Kantor JNE Cabang Utama Medan di Jalan SM Raja KM 10,5 Kompleks Amplas Trade Centre, Medan.

Program MBKM, yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja melalui magang dan proyek nyata.

Dalam konteks ini, kerjasama dengan JNE memberikan mahasiswa UNPAB peluang untuk menerapkan teori yang telah dipelajari di kampus ke dalam praktik nyata.

Program MBKM yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertujuan untuk menghubungkan dunia akademik dengan dunia industri. Melalui program ini, mahasiswa UNPAB berkesempatan untuk menerapkan teori yang telah dipelajari di kampus ke dalam praktik nyata di perusahaan ternama seperti JNE.

Magang yang dilakukan oleh mahasiswa UNPAB mencakup beberapa aspek penting dari perilaku konsumen, termasuk kepuasan pelanggan, frekuensi penggunaan layanan, preferensi terhadap jenis layanan yang disediakan, serta tingkat kesadaran akan promosi dan penawaran khusus dari JNE.

Magang Mahasiswa UNPAB dibimbing Dr. Slamet Widodo, SE, MM, MBA yang merupakan Dosen Universitas Pembangunan Panca Budi, Program Studi Manajemen dengan konsentrasinya pada Pemasaran dan Kewirausahaa.

Perwakilan JNE, Sehatul Rifal Siregar menyambut baik hasil penelitian ini dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan mereka.

“Kontribusi mahasiswa UNPAB melalui program MBKM ini sangat berharga. Temuan dan rekomendasi mereka memberikan wawasan baru yang akan membantu kami dalam memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik,” ujar Sehatul Rifal Siregar.

BACA JUGA  Menristek Dikti Resmikan UKM Centre “Kongkow Panca Budi”

Program magang MBKM ini tidak hanya memberikan manfaat bagi JNE dalam meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa UNPAB dalam memahami dinamika industri logistik.

Dengan pengalaman ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja setelah lulus nanti.

Pengalaman magang mahasiswa didunia kerja sangat berguna, menjadi bekal yang sangat berharga untuk nantinya bisa diterapkan setelah lulus dari dunia perkuliahan dan masuk ke dunia kerja nyata di lapangan, sehingga mahasiswa tidak kaget ataupun canggung lagi nantinya, karena telah berpengalaman dan berinteraksi dengan karyawan perusahaan. (ts-02)