PDIP Sumut Gelar Wawancara Balon Kepala Daerah 10 Kabupaten/Kota untuk Pilkada 2024

298
Sebanyak 65 bakal calon (Balon) kepala daerah dan wakilnya dari 10 kabupaten/kota yang mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjalani sesi wawancara gelombang II, Senin (10/6/2024).

tobasatu.com, Medan | Sebanyak 65 bakal calon (Balon) kepala daerah dan wakilnya dari 10 kabupaten/kota yang mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjalani sesi wawancara gelombang II, Senin (10/6/2024).

Wawancara dilakukan secara tertutup di Kantor DPD PDIP Sumut Jalan Djamin Ginting Medan.

Sebelum sesi wawancara dilakukan acara perkenalan antara pengurus DPD PDIP Sumut dengan para bakal calon kepala daerah yang akan mengikuti wawancara.

Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon menyatakan wawancara tersebut merupakan gelombang kedua, dimana sebelumnya wawancara gelombang I telah digelar pada 6 Juni 2024.

“Gelombang kedua ini wawancara kita hari ini hingga tanggal 12 Juni,. Jadi kalau tidak selesai hari ini kita sambung hingga tanggal 12,” tutur Rapidin Simbolon didampingi Sekretaris DPD Sutarto dan sejumlah pengurus harian DPD PDIP Sumut.

Rapidin menyebutkan, pada Pemilu tahun 2024, DPD PDIP Sumut berhasil meraih 182 kursi di DPRD Sumut dan kabupaten/kota.

Jumlah ini naik 17 kursi dari Pemilu tahun 2019 yang hanya mendapatkan 165 kursi.

Dalam wawancara, kata Rapidin yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut, pihaknya akan mengorek informasi mengenai potensi yang dimiliki bakal calon, agar bisa disampaikan ke DPP.

“Jadi PDIP bukan mencari pemenang tapi mencari pemimpin yang bisa memimpin Sumatera Utara. Karena bila mencari pemenang akan berkaitan dengan transaksional. Kita ingin membangun demokrasi yang sesungguhnya,” tutur Rapidin.

Nantinya, berdasarkan hasil wawancara akan dilakukan pemetaan mengenai potensi dari para calon untuk disampaikan ke DPP PDIP.

Adapun wawancara gelombang kedua dilakukan terhadap calon bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil dari 10 kabupaten/kota yakni Medan, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Batubara, Binjai, Langkat, Tanjungbalai, Pematangsiantar, Simalungun, Tanjungbalai dan Asahan. 

BACA JUGA  PDIP Sumut Raih Juara II Tata Kelola Kesekretariatan se-Indonesia

Dari 64 calon terdapat sejumlah nama yang cukup familiar diantaranya Mantan Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Pj Bupati Langkat H.Syah Afandin, anggota DPRD Sumut Tuahman Purba dan lainnya. (ts-02)