IOH SheHacks Innovate Dorong Wirausaha Perempuan Berinovasi dengan Teknologi

206
Indosat Ooredoo Hutchison menggelar Program SheHacks di Aula Teamwork, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Dei Serdang selama dua hari, sejak Rabu (12/6/2024) hingga Kamis (13/6/2024) dan diikuti lebih dari 75 pelaku UMKM lokal.

tobasatu.com, Deliserdang | Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengajak para perempuan di Sumatra Utara (Sumut) untuk berinovasi melalui lokakarya kewirausahaan perempuan di bidang teknologi bertajuk SheHacks Innovate.

Program yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Sumut ini merupakan wujud dukungan Indosat kepada Pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dalam hal pemanfaatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) untuk memaksimalkan pemberdayaan sumber daya manusia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Program SheHacks di Sumut digelar di Aula Teamwork, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Dei Serdang selama dua hari, sejak Rabu (12/6/2024) hingga Kamis (13/6/2024) dan diikuti lebih dari 75 pelaku UMKM lokal. Para peserta yang bergabung saling berbagi pengalaman sesuai bidang bisnis mereka masing-masing.

Antusiasme yang tinggi terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar mengikuti SheHacks 2024 sebanyak lebih dari 17.000 peserta. Agenda kegiatan workshop offline selama 2 hari ini dibagi dalam 3 tahapan yaitu Formation Team, Building Innovations, dan Showcase.

VP Head of Corporate Social Responsibility IOH Diah Kusuma Dewi memyampaikan SheHacks Innovate di Sumut ini juga membantu pengembangan 15 usaha rintisan atau startup lokal terpilih melalui kesempatan belajar tentang Business Model, Digital Marketing Solutions, dan Prototyping & Pitching. Program ini juga akan memilih 1 bisnis terbaik di setiap lokasi workshop-nya untuk dipilih bersama oleh publik (People’s Choice) pada akhir program.

“Peluang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk go digital akan semakin tumbuh dengan proyeksi sekitar 64% hingga tahun 2027. Perempuan Indonesia yang mayoritas menjadi pengelola UMKM perlu dibekali dengan keterampilan pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Tanah Air,” ujar Diaj yang juga mewakili SVP Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang.

BACA JUGA  Kolaborasi dengan Vidio, IOH Hadirkan Piala Dunia Qatar 2022 dalam Genggaman

“Melalui SheHacks Innovate, kami akan memfasilitasi mereka dengan pendampingan dan pelatihan, khususnya di Sumatra Utara untuk mengembangkan solusi inovatif dari tantangan yang mereka hadapi di bidangnya masing-masing. Indosat berkomitmen untuk terus memberdayakan perempuan Indonesia sesuai peran penting mereka dalam keluarga, lingkungan sekitar, dan juga kemajuan sebuah bangsa,” lanjutnya.

Sementara itu Direktur Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Jenny Elisabeth mengapresiasi kegiatan ini setinggi-tingginya. “Kami apresiasi atas gerakan inspiratifnya dalam memberdayakan perempuan.  Lebih dari sekadar acara, SheHacks Innovate merupakan sebuah gerakan yang menumbuhkan semangat persaudaraan dan kolaborasi di antara perempuan Indonesia. Melalui platform ini, perempuan dapat saling berbagi ilmu, pengalaman, dan sumber daya untuk memajukan usaha mereka,” katanya.

Sejak tahun 2023, program SheHacks Innovate yang juga bagian dari program CSR Indosat di pilar Pemberdayaan Perempuan ini telah dilakukan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dan Magelang, Jawa Tengah. Selain di Deli Serdang, program SheHacks Innovate tahun ini ditargetkan akan turut diselenggarakan di sejumlah wilayah lainnya, seperti di Sumbawa Besar, Palangkaraya, Likupang, dan Pekanbaru. (ts-20)