PUD Pasar Gelar Gotroy di Pasar Petisah II, Pedagang: Almahdulillah, Lebih 8 Tahun Gak Pernah Dibersihkan Sampahnya Ini

190

tobasatu.com, Medan | Pasca-Pasar Petisah II diambil alih oleh Pemko Medan melalui PUD Pasar, gotong royong (gotroy) digelar di pasar yang terletak di Jalan Rotan Proyek, Medan Petisah, Rabu (12/6/2024).

Gotong royong yang dilakukan PUD Pasar Medan juga melibatkan unsur dari Dinas SDABMBK, Kecamatan Medan Petisah dan pedagang yang tergabung dalam DPP Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B). Gotong royong meliputi pembersihan sampah hingga pemotongan pohon yang tumbuh di dinding-dinding bangunan.

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno memimpin gotong royong ini. Suwarno terlihat didampingi Dirops Ismail Pardede, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu, Kacab II Budi F. Putra, Kabag Umum Sugiono, Kabag Hukum/Humas Fahrul Rozi, Kepala Pasar Petisah I Maludin Sidebang, Kepala Pasar Petisah II Bananda Suandi, dan Kasubbag Kebersihan Nurabdi. Hadir pula perwakilan P4B antara lain Ketua DPP P4B Mester Harahap dan Ketua DPD P4B Medan Siswarno.

Kegiatan gotong royong ini disambut positif oleh pedagang. Salah seorang pedagang pakaian menuturkan sangat bersyukur dengan pembersihan sampah di dekat kiosnya. Menurut perempuan berjilbab ini, sampah yang didominasi plastik menjadi menggunung karena tak pernah dilakukan pembersihan lebih dari lima tahun.

“Kalau kami ya Alhamdulillah ini dibersihkan. Soalnya udah lama kali gak pernah dibersihkan ini. Ada kurasa kurang lebih 8 tahunan gak pernah (dibersihkan),” jelas wanita yang minta namanya tak ditulis.

Ditemui di lokasi gotong royong, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menjelaskan kegiatan ini agar kondisi Pasar Petisah II tercipta lebih nyaman. Gotroy ini juga merupakan bagian dalam melakukan perawatan bangunan. Suwarno mengajak para pedagang dan pengunjung untuk berkolaborasi dalam menjaga kebersihan di lingkungan pasar.

“Kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama. Mari kita jaga kebersihan pasar kita ini, salah satunya dengan jangan buang sampah sembarangan,” tandas Suwarno. (ts04)