460 UMKM Akan Ramaikan Karya Kreatif Sumatera Utara

2724
Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Yura Djalins saat konferensi pers dii Kantor BI Perwakilan Sumut, Kamis (20/6/2024).
tobasatu.com, Medan | Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 akan kembali digelar pada tanggal 3 sampai 7 Juli mendatang di Kota Medan. Agenda ini meliputi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).
Gerakan ini sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata di dalam negeri yang digelar Bank Indonesia. Disebutkan Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Yura Djalins ada 460 UMKM yang akan diikutsertakan atau dilibatkan dalam ajang yang diselaraskan dengan HUT Kota Medan.
UMKM ini ada yang hadir secara offline dan¬† secara online melalui e-catalogue website KKSU. “GBBI dan GBWI di Sumut akan dikemas dalam acara Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) dengan tema Rap Pamajuhon Sumatera Utara dengan arti bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi,” katanya pada wartawan di Kantor BI Perwakilan Sumut, Kamis (20/6/2024).
Harvesting GBBI & GBWI ini dijadwalkan pada 3 Juli 2024 bertempat di Istana Maimun dilanjutkan dengan rangkaian acara KKSU di Deli Park Mall hingga 7 Juli 2024.
Tak hanya itu, KSSU bersamaan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 yang merupakan ajang pameran investasi di Sumut. Berbagai kegiatan NSI yang dirangkaikan berupa pameran proyek investasi dari 13 Kabupaten/Kota di Sumut, selebrasi Letter of Intent (LoI)  investasi terkait pariwisata dalam rangka mendukung GBWI, serta one-on-one meeting dengan investor potensial.
“Ditargetkan dalam Gernas BBI-BBWI pertama ada peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta UMKM pada 2024. Kedua peningkatan transaksi penjualan UMKM dengan transaksi Rp50 miliar per daerah. Ketiga aksi afirmasi belanja dengan target 95% belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN), dan Keempat Bangga Berwisata di Indonesia dengan target 1,25-1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan Nusantara dan 14,3 juta perjalanan untuk wisatawan mancanegara sepanjang 2024,” jelasnya.
Adapun secara umum agenda KKSU 2024 meliputi Harvesting Gernas BBI & BWI, pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun dengan kegiatan meliputi selebrasi program pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumatera Utara dan dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra dan Lebah Begantong. “Ada Lyodra dan Lebah Begantong yang akan menghibur masyarakat Sumut,” imbuhnya.
Selain dari itu, ada pula KKSU Forum meliputi talkshow tentang Talkshow Kopi Budaya Ngopi Mengakselerasi Industri dan Pertumbuhan Ekonomi dan Talkshow Pariwisata Pesona Pariwisata Sumatera Utara yang Memikat Dunia. “Ada juga perlombaan kopi, Lomba Latte Art, Lomba Signature Coffee, Lomba Manual Brew V60, Lomba Coffee Excellence. Fashion show, Pariwisat lomba video reels destinasi wisata Sumut mendukung GBWI,” jelasnya. (ts-20)