Lewat Program Sisternet, XL Axiata Siap Berkolaborasi dengan FJPI Sumut dalam Peningkatan Transformasi Digital

254
Chief Corporate Affairs XL Axiata – Marwan O.Baasir didampingi Head of Sales W-Northern 1 Horas Lubis, Head External Comm XL Axiata – Henry Wijayanto, Corporate Relation XL Axiata – Estella Maria, Government Relation XL Axiata – Dewi Kharmina, dan Corpcomm XL Axiata West Region – Aldi Desmet, saat melakukan silaturrahmi dengan pengurus FJPI Sumut dan PFI Medan di Cafe Cold and Brew Jalan Wahid Hasyim Medan. 

tobasatu.com, Medan | PT.XL Axiata menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas anggota Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut lewat Program Sisternet.

Sehingga ke depan diharapkan  jurnalis perempuan semakin menguasai transformasi digital dan mengurangi terjadinya kesenjangan dalam teknologi.

Chief Corporate Affairs XL Axiata – Marwan O.Baasir saat berbincang dengan pengurus FJPI Sumut dalam hal ini diwakili Bendahara FJPI Sumut Eko Fitri Brahmawati dan Ketua Divisi Hubungan Eksternal dan Internal Hafnida Dalimunthe, menyatakan Sisternet merupakan program yang dirancang oleh XL Axiata untuk mengedukasi pengguna internet perempuan.

“Lewat Program Sisternet kami mendukung perempuan Indonesia untuk tumbuh dan meningkatkan kehidupan mereka melalui pemanfaatan internet dan teknologi. Sisternet juga bertujuan meningkatkan soft skill para UMKM perempuan Indonesia melalui kelas edukasi secara gratis dengan target mendigitalkan kurang lebih 1 juta UMKM Perempuan Indonesia pada tahun 2025 untuk menjadi lebih baik,” tutur Marwan didampingi Head of Sales W-Northern 1 Horas Lubis, Head External Comm XL Axiata – Henry Wijayanto, Corporate Relation XL Axiata – Estella Maria, Government Relation XL Axiata – Dewi Kharmina, dan Corpcomm XL Axiata West Region – Aldi Desmet, saat silaturrahmi di Cafe Cold and Brew Jalan Wahid Hasyim Medan.

Salah satu upaya untuk mendukung transformasi digital, menurut Marwan, juga dilakukan XL Axiata lewat Gerakan Donasi Kuota (GDK) yakni sebuah program pemberdayaan masyarakat yang menggalang partisipasi pelanggan dan masyarakat untuk secara sukarela mendonasikan kuota internetnya, yang kemudian disalurkan menggunakan perangkat router XL Axiata ke berbagai institusi pendidikan di Indonesia.

Saat ini, program GDK bekerjasama dengan Yayasan Lentera Membangun Bangsa dan telah mendapatkan perijinan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

XL Axiata dalam hal ini memberikan akses, perangkat, dan kuota internet untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui digitalisasi informasi, pengalaman, dan proses kegiatan belajar mengajar di berbagai institusi pendidikan di Indonesia.

BACA JUGA  XL Axiata Gandeng Solace, Terapkan Real-time Data Flow untuk Maksimalkan Aplikasi MyXL

Ketua Divisi Hubungan Eksternal dan Internal FJPI Sumut Hafnida Dalimunthe, menyambut baik kolaborasi yang ditawarkan pihak XL Axiata. Diketahui FJPI kerap menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak dalam peningkatan kualitas jurnalis perempuan, termasuk dengan XL Axiata.

FJPI dan XL Axiata sejak beberapa tahun terakhir rutin menjalin kerjasama dalam kegiatan donor darah dan FJPI Berbagi yang merupakan agenda rutin setiap bulan Ramadhan.

“Ke depan kami harapkan semakin banyak program-program XL Axiata yang melibatkan anggota FJPI Sumut,” tutur Hafnida.

Eko Fitri Brahmawati menambahkan, dirinya berharap, kerjasama XL dengan FJPI dapat ditingkatkan, terutama dalam hal peningkatan kualitas dan kapasitas jurnalis melalui pelatihan-pelatihan utk jurnalis.

“Kegiatan sosial juga diharapkan dapat terus dilanjutkan seperti, memberi bantuan kepada anak yatim, duafa dan sosialiasi penggunaan internet yang baik dan sehat kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, turut hadir pengurus Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan diantaranya Ketua PFI Medan Riski Cahyadi, Sekretaris Zulfan Dalimunthe serta sejumlah pengurus lainnya. (ts-02)