Diguyur Hujan Deras, Tanggul di Tiga Dusun di Desa Kota Rantang Jebol, Padi Warga Terendam Hingga 120 Cm

370

tobasatu.com, Deliserdang | Tanggul atau benteng sungai yang ada di areal pertanian warga di Dusun I, V dan VII di Desa Kota Rantang, Hamparan Perak, Deliserdang, jebol usai diguyur hujan deras, Sabtu (22/6/2024). Jebolnya tanggul membuat lahan pertanian padi milik warga terendam air setinggi 40 cm s.d 120 cm.

Menurut Babinsa Koramil 0201-12/HP Desa Kota Rantang Serma Akbar Ansari, jebolnya tanggul itu terjadi sekitar pukul 03.40 WIB dini hari. Akbar yang didampingi Babinsa lainnya yakni Serma Ibnu Dwi Ribut Saptawulan Muhammad Amin menambahkan sangat prihatin atas kejadian yang dialami oleh masyarakat Desa Kota Rantang. “Semoga masyarakat yang mengalami musibah dapat tabah dalam menghadapinya,” beber Akbar.

Jebolnya tanggul ini, kata Akbar, semoga dapat segera direspon oleh pemerintah daerah dengan memperbaiki kerusakan tersebut. Saat ini, pihaknya bersama masyarakat masih menunggu air surut terlebih dulu. “Kalau sudah surut airnya, nanti dibuat tanggul darurat. Karena kalau sekarang dibuat tanggul, nanti takutnya malah bertambah lebar,” sebut Akbar.

Sementara itu, Kades Kota Rantang Sabaruddin Ahmad menjelaskan Desa Kota Rantang dilintasi dua sungai. Peristiwa ini agar kedepannya tanggul dapat dibenahi agar lebih aman. Selain itu, benteng-benteng jaringan irigasi primer, sekunder dan tersier dapat dilening. “Kami juga bergarap agar pintu-pintu air (sadap/bagi dan buang, red) ditambah dan yang sudah ada tapi rusak segera diperbaiki,” pinta Sabaruddin.

Dilanjutkan Sabaruddin, jebolnya tanggul ini membuat warganya yang bekerja sebagai petani mendapat perhatian dari pemerintah ataupun dinas terkait terhadap tanaman padi yang tenggelam. “Kami berharap bantuan berupa bibit/benih padi untuk melalukan penanaman kembali,” tandasnya. (ts04)

BACA JUGA  Kodam I/BB-Bawaslu Sumut Bersinergi Wujudkan Pemilu 2019 Damai, Aman dan Lancar