Fraksi PDIP Sebut Bukan Hal Mudah Buat Kebijakan RPJPD 2025-2045

17
Anggota DPRD Medan Robi Barus.

tobasatu.com, Medan | Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan menyatakan bukan hal yang mudah membuat perencanaan kebijakan mengenai Rencana Pembangunan Jangka Panjang daerah (RPJPD) Kota Medan tahun 2025 – 2045.

Menurut Jurubicara FPDIP Robi Barus, menyusun RPJPD Kota Medan tahun 2025 – 2045 bukanlah hal yang mudah, karena menyangkut program rencana pembangunan secara periodik dalam jangka waktu 20 tahun dalam mewujudkan visi Kota Medan 2025 – 2045 “Medan Kota Global, Inklusif, Maju dan Berkelanjutan”.

“Inklusif, artinya terwujudnya lingkungan yang mendukung dan memberdayakan semua individu, mengakui dan menghargai keberagaman serta memastikan semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi dan politik,” tutur Robi Barus saat membacakan pemandangan umum fraksi atas penjelasan kepala daerah terhadap Ranperda tentang RPJPD Kota Medan tahun 2025-2045, dalam rapat paripurna DPRD Kota Medan, Senin (25/6/2024).

Sedangkan, maju, ujar Robi Barus adalah terwujudnya Kota Medan yang mencapai tingkat daya saing, perkembangan ekonomi, modernisasi dan infrastruktur dengan level yang tinggi dan berkualitas.

Sementara, berkelanjutan, tambahnya, fokus pada kelestarian dan kesinambungan lingkungan serta program yang dilakukan secara berkesinambungan dengan mengedepankan pelestarian sumberdaya agar dapat digunakan untuk generasi yang akan datang.

Melihat kompleknya dan urgennya Ranperda RPJPD Kota Medan tahun 2025 – 2045 dalam kerangka berkelanjutan pembangunan Kota Medan menuju Indonesia Emas tahun 2045.

“Maka dalam pembahasannya prinsip dan sikap kehati-hatian, kecermatan serta kejelian harus kami lakukan agar hasilnya benar – benar terencana dengan baik dan dapat diterima dan dipertanggungjawabkan,” sebut Robi.

Atas dasar itulah, katanya, Fraksi PDI Perjuangan dalam pemandangan umum ini meminta jawaban, korek dan klarifikasi serta penjelasan Walikota Medan atas beberapa hal yang dirasa sangat mendasar dan penting untuk pendalaman dan penyempurnaan Ranperda RPJPD ini.(ts-02)