Kebakaran di Kantor KPU Labura, Ketua KPU Sumut Sebut Ada Berkas Pemilu Terbakar

172
Ketua KPU Sumut Agus Arifin memberikan keterangan usai Diskusi "Partisipasi dan Peningkatan Kapasitas Media pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2024" di JW Marriot Hotel, Selasa (25/06/2024).

tobasatu.com, Medan | Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Utara (Labura) terbakar, Senin (24/6/2024).

Menurut Ketua KPU Sumut Agus Arifin, kebakaran tersebut menghanguskan sejumlah dokumen, salah satunya Laporan Pertanggungjawaban (LPj) pelaksanaan Pemilu 2024.

“Dari beberapa LPj itu, ada sebagian sudah dilaporkan ke kita (KPU Sumut), ada juga yang belum. Saat ini, pihak KPU Labura juga sudah melaporkannya ke pihak kepolisian,” tutur Agus Arifin usai Diskusi “Partisipasi dan Peningkatan Kapasitas Media pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2024″ di JW Marriot Hotel, Selasa (25/06/2024).

Karena waktu Tahapan Pilkada sudah semakin dekat, lanjut Agus Arifin meminta agar Ketua KPU Labura berkordinasi dengan Pemkab Labura untuk meminjam Gedung yang bisa dipergunakan.

Sementara ini, kata Agus bahwa KPU Labura telah mencari alternatif memindahkan lokasi ke gedung atau Kantor yang lokasinya tidak jauh dari lokasi tempat Kantor KPU Labura yang mengalami kebakaran.

Untuk kerugian akibat musibah kebakaran di Kantor KPU Labuhan Batu Utara ditaksir mencapai Rp.500 juta, dimana sejumlah aset yang terbakar berupa dokumen termasuk Lpj kegiatan, Laptop, brangkas dan komputer serta Mobil Operasional KPU Labura.

Mobil tersebut merupakan kenderaan operasional yang dirental oleh KPU RI, dikarenakan saat kejadian mobil tersebut berada di dekat kantor untuk memindahkan terpaksa memecahkan kaca.

“Mengenai adanya berkas atau file yang berkaitan dengan Pileg dan Pilpres itu sudah dilaporkan ke KPU,” ucap Agus. (ts-02)