KPU Sumut Ajak Wartawan Tingkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilgubsu 2024

191
KPU Sumut menggelar Diskusi Partisipasi dan Peningkatan Kapasitas Media pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2024, Selasa (25/06/2024), di Hotel JW Marriot, Medan.

tobasatu.com, Medan | Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) mengajak wartawan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2024.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua KPU Sumut, Agus Arifin, dalam Diskusi Partisipasi dan Peningkatan Kapasitas Media pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2024, Selasa (25/06/2024), di Hotel JW Marriot, Medan.

Acara diskusi bersama wartawan tersebut, juga dihadiri Koordinator Divisi Hukum KPU Sumut El Suhaimi, Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Sumut Sitori Mendrofa, Kabag Teknis Penyelenggara Partisipasi Hubungan Masyarakat TPP Hubmas KPU Sumut Maruli Pasaribu, Kasubag Parmas KPU Sumut Ririn Handayani dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Farianda Putra Sinik, yang didapuk sebagai narasumber.

Agus berharap, dengan tagline “Media Memberitakan Media Menentukan”, berita-berita dan info-info terkait Pilgubsu, Pilbup dan Pilwalkot 33 kabupaten/kota menyejukkan. Berita yang benar tidak hoaks, lurus dan membangun opini yang seimbang.

“KPU harap peran aktif wartawan melalui media center untuk ikut mensukseskan Pilkada dengan ikut mensosialisasikan tahapan-tahapan,” urainya.

Saat ini, kata Agus, mulai 24 Juni-24 Juli 2024, tahapan Pilgubsu melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) Pemutakhiran Daftar Pemilih (PDP). Sehingga diharapkan dapat menghasilkan data pemilih yang akurat dan valid. Kemudian untuk pendaftaran pasangan calon (Paslon) dari partai politik (Parpol) mulai 27-29 Agustus.

Selain itu, kata Agus, dengan peran media ikut mensosialisasikan tahapan-tahapan Pilgubsu, diharapkan masyarakat mendapatkan info, bahkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

“Pada Pilgubsu 2018, partisipasi pemilih 63,1 persen. Pilgubsu 2013, partisipasi pemilih 55 persen. Ada peningkatan partisipasi pemilih. Untuk Pilgubsu 2024, diharapkan meningkat signifikan sebesar 80 persen. Tentu dengan bantuan media,” tandasnya. (ts-02)

BACA JUGA  KPU Tingkatkan Partisipasi Perempuan dalam Pemilu